oleh

Korlantas Polri Cek Kesiapan Mudik Pelabuhan Merak

 Kombes Darto Juhartono, Kabid Jemen Osprek Korlantas Polri (foto:ntmc)

Kabar6- Korlantas Polri yang dipimpin oleh Kabid Jemen Osprek Korlantas Polri, Kombes Darto Juhartono bersama instansi terkait lakukan rapat pengecekan kesiapan Pelabuhan Merak dan Jalur Sumatra untuk arus mudik 2017,Rabu, (12/04/2017)

Dari hasil rapat, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua akan menjadi prioritas dalam penanganan kemacetan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Meski hanya dipersiapkan dua dermaga, namun jika terjadi kemacetan, pemotor akan didahulukan masuk ke dalam kapal.

“Jadi polanya kami akan siapkan waktu khusus dan kapal khsusus untuk pemudik roda dua. Ketika nanti pemudik roda dua sudah banyak, ASDP sudah menyiapkan akan memprioritaskan pemudik roda dua akan dikeluarkan terlebih dahulu, itu untuk memperlancar situasi arus yang ada di Merak,” kata  Kombes Darto Juhartono susai rapat persiapan mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Merak.

Ia menyatakan kemacetan biasanya terjadi di pintu masuk gerbang Pelabuhan Merak dan pintu keluar. Untuk itu, kata dia, pihak ASDP sudah menyiapkan penambahan gate masuk ke dermaga serta penambahan kapal.

Untuk jumlah loket yang disiapkan pada saat mudik Lebaran 2017 guna mengurangi kemacetan. ASDP Merak menyiapkan sebanyak 51 loket dan kapal yang akan beroperasi sebanyak 34 kapal.

“Dari ASDP sendiri sudah menyiapkan toilet umum, posko kesehatan, posko terpadu juga dari Kementrian Perhubungan dan Dinas Perhubungan juga di situ. Dari korlantas nanti akan mempersiapkan beberapa tempat peristirahatan atau rest area,” pungkasnya.

kombes pol darto juga meninjau langsung proses pengerjaan jalur lintas sumatra, Korlantas juga meminta mengenai bus lanjutan dipelabuhan yang difasiitasi oleh polda atau pemerintah daerah untuk menyiapkan ketersedian angkutan umum bus secukupnya untuk bisa menampung penumpang yangg menginap, sehingga tidak ada penumpukan di bekauheni.(z/ntmc)

Berita Terbaru