oleh

Pokdar Kamtibmas Siap Tangkal Curanmor di Kota Tangerang

Kabar6–Pokdar Kamtibmas (Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat) kiranya bukan sekedar wadah warga untuk berkumpul dan nongkrong semata.

Karena, dibalik keberadaannya kelompok ini kiranya siap untuk ikut berperan serta membantu untuk masyarakat dan lingkungan.

Bahkan, kelompok ini juga siap membantu aparat kepolisian untuk menangkal pencegahan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Kota Tangerang.

Demikian dilakukan Kopdar mengingat tingginya angka curanmor di Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh.

Ketua Kopdar Kamtibmas Sub-Sektor Cipondoh Iwan Martin mengatakan, pihaknya siap bantu membantu dengan aparat kepolisian, aparatur pemerintahan, dan masyarakat luas atas maraknya curanmor yang terjadi di wilayahnya.

“Banyak laporan masyarakat soal curanmor di wilayah kami ini. Hal itulah yang  yang menggerakkan kami membentuk Kopdar Kamtibmas di Cipondoh ini,” katanya, dalam acara Halal Bihalal Kopdar Kamtibmas Sub-Sektor  Cipondoh Sabtu malam (15/9/2012).

Dengan 46 anggota yang terhimpun dalam Kopdar Kamtibmas Sub-Sektor Cipondoh ini, Iwan berharap, anggotanya bisa membantu aparat kepolisian setempat dalam menangani keamanan lingkungan.

Terlebih, jumlah aparat kepolisian belum mencukupi untuk menangkal seluruh aktifitas kriminal di wilayahnya.

“Kesadaran menjaga lingkungan sendiri ini kami harapkan menular ke masyarakat luas. Sebab, kalau bukan warga sendiri yang menjaga keamanan lingkungannya siapa lagi yang akan melakukannya?,” ucap Iwan didampingi Nur Ngatman, selaku pelaksana teknis operasional Kopdar Kamtibmas Kota Tangerang.

Sementara itu, Ketua Kopdar Kamtibmas Kota Tangerang Kristio H Widodo mengatakan, pihaknya sengaja membentuk Kopdar Kamtibmas di seluruh wilayah Kota Tangerang untuk menanamkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

“Untuk pendanaan organisasi ini, kami lakukan swadaya,” jelasnya.

Disinggung soal tujuan keberadaan Kopdar ini, Kristio menegaskan, selain membantu polisi, 2.000 anggota Kopdar Kamtibmas Kota Tangerang siap menghimpun, mendata dan menganalisa tindak-tindak warga yang mengancam keamanan lingkunga. Seperti, pencurian, perampokan, terorisme dan peredaran narkotika.

“Intinya, bersama polisi, pemerintah, dan masyarakat kami siap melakukan pengamanan yang maksimal. Harapan kami, di kemudian hari akan lebih banyak lagi anggota Kopdar Kamtibmas yang bergabung untuk menularkan kesadaran menjaga keamanan lingkungan di masyarakat,”harapnya.(Iqmar)

 

Berita Terbaru