oleh

Konvoi Arus Mudik Mengular Di Merak

Kabar6-Konvoi arus mudik Lebaran terpanjang di dunia telah dimulai sejak Sabtu (3/8/2013) dini hari di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Hingga pukul 20.00 WIB, panjang antrean truk yang hendak menuju Pulau Sumatera mencapai sekitar 4 kilometer.

H-5 Lebaran, arak-arakan arus pemudik sudah mulai mengular sejak pukul 00.30 WIB. Jumlah penumpang meningkat drastis dibanding Jumat (2/8/2013). Mobil-mobil pribadi terus berdatangan, merapat di setiap dermaga.

Sekitar pukul 02.30 WIB, kemacetan ratusan kendaraan para pemudik yang umumnya bernomor polisi Jakarta, Bogor, dan Bandung sudah terasa sejak KM 26 hingga pintu pembayaran tol Merak.

Aktivitas kelima dermaga pun sibuk. Di setiap dermaga, tak ada antrean kosong kendaraan.

Sesekali terdengar informasi melalui pengeras suara, “Untuk pelayanan di Dermaga I harap dipercepat. Harap dipercepat, dalam waktu 50 menit, harus selesai.”

Otoritas ASDP mencatat, terjadi peningkatan pergerakan penumpang hingga 78 persen. Kenaikan angkutan terbesar pada kendaraan motor sebesar 297 persen dan 24 persen untuk kendaraan roda 4 campuran.

Hingga pukul 08.00 WIB, ASDP telah menyeberangkan 77.337 penumpang, naik 88 persen dibanding tahun 2012. Sementara untuk sepeda motor sebanyak 7.410 unit, naik 322 persen, dan kendaraan roda 4 campuran sebanyak 8.912 unit, naik 45 persen.

Kementerian Perhubungan menyatakan, antrean kendaraan yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak sudah sampai di luar dermaga. “Jumlah mobil pribadi naik 400 persen dari kondisi normal,” kata Sudirman Lambali, Direktur Lalu Lintas ASDP Kementerian Perhubungan.

Sudirman yang berharap antrean tidak sampai masuk ke jalan tol seperti tahun lalu, tak terelakkan. Apalagi antrean kendaraan yang mengular hingga dua kilometer di luar pelabuhan sudah terjadi pada Jumat (2/8/2013) pukul 23.00 WIB.

“Lalu lintas truk menuju kapal penyeberangan terhambat karena jumlah pemudik pada H-5 Lebaran meningkat, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum,” kata Mario Sardadi Oetomo, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Sabtu (3/8/2013).

Antrean truk tersebut, kata Mario, mengular mulai dari pintu gerbang Tol Merak hingga dermaga pelabuhan. Kemungkinan, karena arus mudik terus meningkat, Minggu (4/8/2013) besok angkutan truk dilarang memasuki lintasan dermaga pelabuhan.

“Kami menargetkan malam ini semua angkutan truk bisa diseberangkan. Kami akan terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan,” ujarnya.

Lonjakan penumpang sesuai prediksi ASDP, bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada hari ini dan besok di Pelabuhan Merak.(bbs/yps)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru