oleh

Kontrol Asam Urat Dengan Konsumsi Makanan Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Penyakit asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Selain dengan pengobatan, masalah asam urat bisa dikontrol dengan menjaga kebiasaan makan yang baik. Kenaikkan kadar asam urat bisa dicegah dengan mengurangi asupan alkohol, makanan manis, dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging merah dan daging unggas.

Nah, makanan apa saja yang dapat mengontrol asam urat? Dilansir Okezone dari Zeenews, berikut uraiannya:
1. Ceri
Mengandung zat anti-inflamasi bernama antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Buah ini juga bisa menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri.

2. Buah beri
Makan buah jenis beri seperti stroberi dan blueberry dalam diet harian bisa bermanfaat karena buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk mempertahankan kadar asam urat.

3. Apel
Makan satu buah apel setiap hari karena asam malat dalam buah menetralkan asam urat dan dengan demikian memberikan bantuan.

4. Jeruk nipis
Asam sitrat ditemukan dalam jeruk nipis dapat melarutkan asam urat. Setengah air jeruk nipis bisa diminum untuk rendahkan kadar asam urat dua kali sehari.

5. Biji seledri
Biji seledri adalah salah satu obat murah yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. ** Baca juga: Begini Alasan Anak Suka Konsumsi Junk Food

Tidak sulit bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru