oleh

Konsumsi Susu Jadi ‘Penyelamat’ Anda yang Ingin Berhenti Merokok

Kabar6-Sebuah studi yang dilakukan Duke University, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa konsumsi susu bisa membuat perokok terasa tidak nikmat menghisap sebatang campuran tembakau dan nikotin.

Joseph McClernon, seorang psikolog Duke University, seperti dilansir Okezone menyebutkan, minuman susu dan produk makanan berbahan susu bisa membuat Anda enggan merokok. “Pendapat yang umum menyatakan kecanduan rokok semuanya adalah akibat nikotin. Tapi kami menemukan bahwa kecanduan juga mengenai masalah efek sensorik seperi rasa dan aroma, serta pengalaman dan rutinitas orang. Efek rasa amat bermain dalam hal ini,” urainya.

Disarankan juga untuk menjauhi minuman kopi atau alkohol yang justru membuat Anda makin merasa nikmat merokok. Hal ini karena kopi dan alkohol bisa menimbulkan efek nikmat dan perasaan nyaman jika dibarengi dengan merokok.

Ditambahkan McClernon, tidak sedikit perokok bercerita kepadanya bahwa minuman tertentu, seperti kopi dan minuman beralkohol membuat merokok jadi lebih enak. Dalam riset yang dilakukannya, sebanyak 209 perokok ditanyai mengenai pengalaman merokok, dan mendaftar makanan serta minuman sehari-hari yang dikonsumsi.

Hasilnya, hampir 50 persen perokok yang rutin mengonsumsi susu, makanan berbahan susu, sayuran, dan buah-buahan mengatakan bahwa rokok yang mereka hisap terasa tidak enak. ** Baca juga: Cari Tahu 5 Tanda Anda Alami Obesitas

Jadi jika Anda ingin berhenti jadi perokok, disarankan agar mengonsumsi susu, di samping perbanyak makan buah dan sayuran agar terhindar dari paparan radikal bebas akibat merokok.(ilj/bbs)

Berita Terbaru