oleh

Konsumsi Sayur Kangkung Bikin Mengantuk?

Kabar6-Umumnya kangkung diolah menjadi menu tumis kangkung, tumis kangkung balacan, kangkung teri, dan lain sebagainya. Di sisi lain, ada mitos yang mengatakan bahwa sayuran hijau ini dapat menyebabkan seseorang mengantuk.

Benarkah demikian? Sebenarnya, melansir She, belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan pasti mitos tersebut. Namun hal yang perlu diketahui, kangkung mempunyai kandungan senyawa kimia sedatif yang menenangkan. Mungkin saja kandung inilah yang menimbulkan efek mengantuk setelah mengonsumsinya.

Tetapi hal ini belum tentu terjadi pada semua orang, sebab kadar senyawa sedatif yang dibutuhkan orang berbeda-beda. Jadi ini memungkinkan seseorang tidak mengantuk dan tetap segar meskipun usai mengonsumsi kangkung atau jenis makan dan minuman lain yang menyebabkan efek mengantuk.

Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan efek mengantuk selain sayur kangkung, seperti minuman berenergi, makanan berlemak, makanan yang manis-manis, hingga makanan yang rendah zat besi. ** Baca juga: Kelola Stres dengan Cara Tepat Agar Anda Tetap Bahagia

Hal ini karena makanan dan minuman jenis tersebut dapat menyerap energi dengan cepat usai mengonsumsinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru