oleh

Konsumsi Roti Putih Berlebihan Sebabkan 7 Efek Merugikan

Kabar6-Dengan alasan praktis, tidak sedikit orang yang lebih memilih mengonsumsi roti putih (tawar) dengan selai atau cokelat sebagai menu sarapan. Namun jika kebiasaan mengonsumsi roti putih dilakukan tiap hari, apakah hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan?

Meskipun menjadi makanan favorit, ternyata terdapat efek tersembunyi dari roti putih yang mungkin tidak Anda sadari. Dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa efek buruk mengonsumsi roti putih secara berlebihan dari segi kesehatan:

1. Roti putih tidak dapat memberikan perasaan kenyang, sehingga saat makan siang, Anda akan mengonsumsi makanan berat lebih banyak.

2. Roti putih bisa membuat Anda murung dan pemarah, karena bahan kimia dari serotonin berpengaruh pada otak hormon stres. Kortisol juga diproduksi dalam tubuh jika Anda makan roti putih tiap hari.

3. Roti putih meningkatkan risiko diabetes, karena menyebabkan peningkatan kadar gula darah, dan perlu dihindari bagi yang mengalami obesitas.

4. Roti putih tidak mengandung serat. Kurang serat dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit karena menahan air dalam usus, tekanan untuk perut bisa meningkat .

5. Meningkatkan kolesterol tinggi dan mengurangi tingkat lemak jahat dari tubuh sehingga membuat tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

6. Roti putih terbuat dari tepung halus, sehingga semua manfaat serat telah ‘dihapus’ selama proses penyulingan. Alhasil lemak di tubuh Anda akan bertahan, sehingga dapat memicu kegemukan sekaligus meningkatkan rasa lapar di siang hari.

Tepung halus putih juga disebut maida, memiliki banyak efek yang merugikan pada kesehatan. Diketahui, 100 persen maida yang terkandung dalam roti tawar bisa menghilangkan asupan serat yang Anda makan.

Serat hanya didapat dari biji-bijian dan bukan yang halus. Ada baiknya jika Anda tidak punya waktu dalam mempersiapkan sarapan lebih awal, bisa memilih roti gandum sebagai gantinya.

7. Makan roti putih menyebabkan rasa malas, mengantuk, dan mudah lelah di siang hari. Hal ini bisa menyebabkan kematian mendadak karena tingkat gula darah yang naik. ** Baca juga: Benarkah dengan Melihat Benda Merah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Mengonsumsi roti putih tidak dilarang, Anda hanya perlu memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru