oleh

Konsumsi Pisang Baik untuk Diet?

Kabar6-Pisang mengandung berbagai nutrisi penting dan merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi pisang memang tidak dapat secara langsung membantu penurunan berat badan. Namun, beberapa sifat dari pisang dapat membantu seseorang untuk mengurangi asupan makan.

Hal ini karena pisang memberikan efek kenyang lebih lama dan dapat digunakan sebagai pengganti gula. Satu buah pisang berukuran sedang, melansir Healthline, memiliki kandungan sekira 12 persen dari asupan serat harian dengan hanya 105 kalori. Diketahui, serat merupakan kandungan yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan seseorang.

Selain itu, mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup kerap dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyakit divertikular, dan beberapa jenis kanker. Bahkan, asupan serat yang memadai juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengukur asupan makanan dari 252 wanita selama 20 bulan. Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa untuk setiap gram serat tambahan yang dikonsumsi wanita per hari, mereka akan mengalami penurunan berat badan hingga 0,25 kilogram lebih rendah.

Efek ini diduga terjadi akibat dari sifat serat yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dalam jangka panjang.

Namun, penelitian lain juga menemukan bahwa serat ekstra dalam makanan tidak memberikan pengaruh yang siginifikan dalam kenyangnya seseorang. ** Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Bantu Tingkatkan Libido

Jadi jangan ragu makan pisang, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru