Konsumsi Nasi & Kentang Tidak Selamanya ‘Jahat’ untuk Berat Badan

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Karbohidrat seperti nasi, kentang, pasta, dan sejenisnya seolah-olah menjadi ‘musuh’ bagi Anda yang tengha berjuang menurunkan berat badan.

Padahal menurut sebuah studi, dilansir Kompas, jenis karbohidrat tersebut justru dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang fokus menghitung asupan kalori.

Dikatakan para peneliti, makanan tadi mengisi perut lebih cepat, sehingga orang akan lebih sedikit mengasup makanan ringan dan junk food. Hal itu berlaku bagi orang yang mengasup buah segar, sayuran, daging tanpa lemak, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Dr Nicola Buckland, pemimpin studi dari Universitas Leeds, mengatakan bahwa banyak orang menyerah pada diet karena mereka merasa lapar di sela-sela jam makan. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Dalam studi ditemukan, 37 wanita yang memiliki kelebihan berat badan mengasup makanan dengan kepadatan energi rendah selama 14 pekan mengalami penurunan berat badan rata-rata 5,8 kg.  Pada saat bersamaan, 41 wanita lain yang melakukan program pembatasan 1.400 kalori per hari, berat badanya hanya menurun 3,1 kg.

Tes terpisah pada kedua kelompok ini juga menunjukkan, mereka makan 1.057 kalori lebih sedikit saat makan malam, jika sarapan dan makan siang dengan makanan padat energi yang lebih sedikit. ** Baca juga: Pendam Emosi Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Mereka juga merasa kurang lapar dan lebih sedikit ‘lapar mata’. Artinya, bila nasi, kentang, atau pasta bisa membuat Anda tidak lagi ingin ngemil atau makan junk food, maka cara ini akan berhasil.(ilj/bbs)