oleh

Konsumsi Makanan & Minuman Ini Ternyata Bikin Tubuh Mudah Dehidrasi

Kabar6-Sekira 60 persen dari berat badan manusia adalah cairan. Dan setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Cairan diperlukan sistem di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya yaitu melembapkan tenggorokan, hidung, dan telinga, membawa nutrisi dari sel ke sel, dan sebagainya.

Nah, Anda akan kehilangan cairan setiap hari melalui proses berkeringat, bernapas, berkemih, dan pergerakan usus. Jika dibiarkan, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Gejala paling ringan yang ditimbulkan saat dehidrasi adalah mudah lelah dan lemas.

Karena itulah Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi. Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan Anda mudah mengalami dehidrasi, lho. Melansir journalsociolla, ini dia lima makanan dan minuman yang dimaksud:

1. Gorengan
Meskipun lezat dan menjadi favorit sebagian besar orang, gorengan ternyata menjadi salah satu makanan yang bisa membuat Anda mudah mengalami dehidrasi karena kandungan garam di dalamnya.

2. Popcorn
Camilan yang satu ini sepertinya menjadi ‘menu wajib’ saat nonton film di bioskop. Sayangnya, kandungan garam dan bumbu tambahan lain yang cenderung tinggi natrium pada popcorn ternyata bisa membuat Anda dehidrasi.

Setidaknya terdapat kandungan 550mg sodium di dalam popcorn berukuran kecil. Untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya seimbangkan dengan minum air yang cukup ketika Anda menikmati popcorn.

3. Makanan tinggi protein
Makanan yang tinggi akan kandungan protein memang bisa menjadi solusi saat ingin menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang saat mengurangi asupan karbohidrat.

Namun mengonsumsi terlalu banyak makanan berprotein tinggi tanpa mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup berpotensi membuat Anda dehidrasi. Hal tersebut disebabkan karena makanan berprotein membuat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk mencernanya.

4. Soda
Minuman soda dingin di tengah panas terik tentu saja menyegarkan dan bisa membantu menghilangkan dahaga. Sayangnya, kandungan gula dan sodium yang terdapat di dalam soda bisa ‘merampas’ cairan yang ada di dalam tubuh dan membuat Anda mudah mengalami dehidrasi.

5. Minuman berkafein
Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cokelat juga bisa menjadi salah satu alasan tubuh mengalami dehidrasi. Minuman berkafein dapat menyebabkan gangguan pada saluran kemih, salah satunya membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Cegah dehidrasi dengan mengurangi asupan minuman berkafein dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. ** Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Pola Pikir Pria Vs Wanita? Ini Fakta Uniknya

Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru