oleh

Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Cegah Kerusakan Otak

Kabar6-Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekira 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu, terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercaya dapat memengaruhi kognisi manusia.

Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Karena itulah sebisa mungkin Anda harus menghindari hal-hal yang dapat ‘merusak’ otak antara lain akibat paparan asap rokok, polusi udara, dan beragam makanan tak sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Solusinya adalah dengan mengonsumsi empat makanan yang bantu mencegah kerusakan otak. Dilansir Time of India, ini dia makanan yang dimaksud:

1. Sayur brokoli
Merupakan sayuran hijau yang kaya dengan kandungan Vitamin K, yang sangat membantu sekali menjaga kesehatan otak. Selain itu, dalam brokoli juga ditemukan senyawa bernama glucosinolates untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada otak.

2. Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin K seperti sayur brokoli, dan memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Dua kandungan ini merupakan kombinasi terbaik untuk menjaga dan melestarikan fungsi otak. Gula pada alpukat juga terbilang rendah, yang sangat berguna merawat pembuluh darah menuju otak.

3. Kacang almond
Kandungan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang almond berperan meningkatkan daya tubuh untuk menjaga kesehatan otak.

4. Cokelat hitam
Cokelat hitam murni memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini bisa menjaga dan mengusir beragam radikal bebas di aliran darah menuju otak. ** Baca juga: Tidak Disarankan, Menyimpan Dompet di Saku Belakang Celana

Jangan lupa masukan salah satu dari empat jenis makanan dalam menu harian Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru