oleh

KONI Desak Pemkot Tangerang Segera Rampungkan Venue Porprov

Kabar6-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang merasa khawatir soal kesiapan venue pertandingan dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten yang akan digelar pada November 2022 mendatang. Hingga saat ini masih terdapat sejumlah venue Cabor belum juga dibangun.

“Sampai dengan hari ini ada beberapa Cabor (Cabang Olahraga) memang belum siap venue-nya. Cabor-cabor yang khusus seperti panjat tebing, panahan, menembak, sepatu roda. Ya itu Cabor-cabor butuh sarana khusus yang belum siap,” ujar Wakil Ketua 1 KONI Kota Tangerang, Arsani Maidi saat dimintai keterangan di Gedung DPRD Tangerang, Rabu (6/7/2022).

Arsani mengatakan pihaknya mendapatkan progres terbaru dari Dinas Perkim dan Dispora Kota Tangerang ada beberapa Cabor yang akan dibangun oleh Perkim dalam waktu dekat. Selain itu, terdapat sejumlah Cabor yang akan difasilitasi oleh Dispora akan dibangun bersumber dari CSR. Seperti bermotor dan sepatu roda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar6, salah satu Cabor cukup keras mengultimatum apabila venue pertandingan cabor tersebut tidak dibangun, pertandingan tidak akan dilaksanakan.

Arsani menjelaskan standarisasi sarana dan prasarana venue yang menentukan layak atau tidaknya venue tersebut yakni TD (technical delegate). Bukan tuan rumah, KONI maupun Pemkot Tangerang.

“Jadi nanti akan ada waktu technical delegate diundang untuk meninjau venue. Untuk melihat layak atau tidak atau ada catatan. Sehingga diberikan waktu lagi untuk memastikan pemenuhan catatan tersebut. Sebelum bertanding venue yang menentukan TD. Memenuhi syarat atau tidak,” jelasnya.

Kendati demikian, Arsani menyampaikan pihaknya mendapatkan laporan terbaru tentang progres venue pertandingan, baru mencapai 75 persen. Dimana sebelumnya, Ketua Umum KONI Kota Tangerang Hadi Rusman mengatakan baru mencapai 65 sampai 70 persen.

“Sudah 75 persen lah. Tadi yang saya sebutin ada beberapa Cabor (belum siap),” ungkapnya.

**Baca juga: Serapan Anggaran Pemkot Tangerang Lambat, Ganggu Pertumbuhan Ekonomi

Pengurus Panjat Tebing Kota Tangerang itu juga berharap kepada Pemkot Tangerang agar dapat melakukan percepatan-percepatan pembangunan. Sebab demikian, diharapkan pada Oktober mendatang venue pertandingan telah rampung dan dapat digunakan para atlet.

“Ya tinggal Cabor-cabor itu saja. Cabor yang belum terbangun itu yang kami dorong untuk segeralah dibangun, baik secara kepastian kapan mulai pembangunannya maupun kepastian selesainya. Karena target kita Oktober harus selesai,” tandasnya. (Oke)