oleh

Kondisi Kesehatan Dapat Dilihat Dari Kaki

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang tanpa disadari, Anda sering melewatkan kesehatan bagian bawah tubuh, terutama kaki, dan lebih konsen pada bagian tubuh lain. Padahal, dikutip dari intisari-online.com, banyak hal pada kaki yang menunjukkan kesehatan Anda.

Penasaran? Berikut penjelasannya:

1. Luka yang tidak sembuh
Luka yang tidak sembuh pada kaki disebut sebagai kaki diabetik. Rasa sakit atau luka yang tidak sembuh menunjukkan tanda-tanda sangat lambatnya penyembuhan dari diabetes.

2. Kuku kuning
Jika mendapati kuku kaki yang kuning, ini adalah tanda bahwa kuku kaki terinfeksi jamur. Jangan tunda, segera pergi ke dokter.

3. Kuku kaki berbentuk seperti sendok
Ketika kuku kaki membentuk lekukan atau seperti sendok, bisa jadi tanda bahwa tingkat hemoglobin di dalam tubuh Anda adalah rendah.

Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah yang berfungsi sebagai media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru.

Kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin membuat darah berwarna merah.

4. Kaki yang lebih besar
Jari kaki atau kaki yang tumbuh lebih besar, mungkin menjadi tanda umum dari asam urat, di mana asam urat terakumulasi di dalam tubuh.

5. Kaki dingin
Kaki yang terasa dingin, khususnya pada wanita dapat menjadi tanda dari masalah kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring, yaitu ,saluran pernapasan yang membawa udara menuju ke trakea.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

6. Tumit yang nyeri
Rasa sakit yang luar biasa pada tumit dapat berarti ada peradangan jaringan di sekitar daerah yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

7. Bulu kaki yang rontok
Berhati-hatilah ketika bulu pada kaki atau jari kaki rontok, karena ini dapat menjadi tanda masalah yang serius, yaitu menjadi tanda sikulasi darah yang buruk.

8. Kram yang menyakitkan
Kram pada kaki yang menyakitkan dapat menjadi tanda kekurangan nutrisi, terutama kalsium, kalium, atau magnesium. Bahkan ada kekurangan lain yang mungkin tidak kita ketahui. Karena itulah jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

9. Kaki kebas atau mati rasa
Kebas atau mati rasa pada kaki dapat menunjukkan masalah dengan sirkulasi dan awal dari neuropati perifer atau terpengaruh pada sistem saraf tepi.

10. Sakit kaki
Kelelahan memang bisa menyebabkan kaki sakit. Namun jika sakit yang dirasa berlebihan, dapat menjadi tanda ada masalah yang serius. Hal ini misalnya merupakan stres patah tulang atau cedera lainnya yang memerlukan perhatian lebih. ** Baca juga: Kenali Beberapa Macam Bau Vagina

Jangan abaikan hal tidak biasa yang dirasakan oleh kaki, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru