oleh

Kondisi Kali Di Kelurahan Percontohan, Penuh Sampah Dan Bau Busuk

Kabar6-Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat menoreh Kelurahan Percontohan bagi seluruh kelurahan di Tangerang Selatan (Tangsel), salah satunya Program yang di prioritaskan Pembina Pengelolaan Sampah untuk semua tingkat mulai RT/RW bahkan Kota untuk menjadi contoh di setiap kelurahan.

Saat pantauan Kabar6.com di lokasi dengan kondisi kali yang tidak jauh dari Kelurahan Serua itu yang berlokasi di jalan Raya Bukit Indah Kampung Buaran Rt005 Rw 02, Serua, Ciputat, penuh sampah dengan kondisi air yang berwarna hitam pekat dan berbau busuk.

Iwan salah satu Warga Serua mengakui, banyak warga yang buang sampah di kali saat malam hari.

“Banyak bang yang buang sampah sekantong gede ke kali, kadang yang naik mobil atau motor seenak jidatnya aja maen lempar-lempar sampah ke kali, terakhir saat hari raya kurban ada warga yang buang limbah isi perut hewan kurban berkarung-karung, tambah jadi bau bangkai nih kali bang,” ungkapnya saat di konfirmasi kabar6.com, Senin(19/8/2019).

Kali itu kini juga semakin tercemar oleh limbah. Hal itu ditandai dengan tiadanya ikan bermunculan di aliran kali.

**Baca juga: Proyek Flyover Gaplek di Tangsel Ada Perubahan Desain.

Warga lain Juriah menambahkan, dahulu kali sini bersih banyak ekosistem yang hidup di aliran kali,

“Banyak warga yang mancing bang setiap hari, sekarang mah boro-boro ikan bisa hidup, airnya hitam bau dan banyak sampah, saya jujur aja bang gak nyaman lantaran saya usaha warung nasi, kecium banget baunya kesini,” ujar Juriah pemilik warung nasi dekat kali.(aji)

Berita Terbaru