oleh

Kompol Rully: Peran Aktif Masyarakat, Persempit Aksi Kejahatan

Kabar6-Peran aktif serta kepedulian masyarakat, sedianya dapat membentuk sebuah benteng keamanan, karena akan mempersempit ruang gerak setiap aksi kejahatan yang mungkin bisa saja terjadi dilingkungannya masing-masing.

Ya, demikian pandangan tersebut diungkapkan Kapolsek Jatiuwung Kota Tangerang Komisaris Polisi (Kompol) Rully Indra W, saat berbincang-bincang santai diruang kerjanya, Selasa (11/11/2014).

“Peran aktif masyarakat sangat penting dan dibutuhkan dalam menjaga keamanan dilingkungan. Artinya, ketika ada kepedulian dari masyarakat dan mau bersama-sama melakukan sesuatu metode antisipasi, tentunya hal tersebut akan mempersempit ruang gerak para pelaku aksi kejahatan,” ungkapnya.  

Untuk itu, lanjut Kapolsek, pihaknya pun senantiasa membangun hubungan emosional dengan masyarakat setempat, melalui berbagai kesempatan pertemuan silaturahmi.

“Jadi kita juga sampaikan kepada mereka apa yang dapat dilakukan bersama-sama dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Begitu juga mereka, dalam pertemuan mereka juga dapat menyampaikan kondisi keamanan dilingkungan mereka,” imbuhnya.

Pria yang mulai bergabung di kesatuan polisi sejak Tahun 2000 ini juga menjelaskan, metode patroli keamanan di jam-jam tertentu pun tetap rutin dilakukan jajarannya, mengingat wilayah hukum Polsek Jatiuwung mencakup 3 Kecamatan, yakni Jatiuwung, Cibodas serta Priuk. **Baca juga: Warga Banten Dihimbau Waspadai Jamu Ilegal Mengandung Kimia.

“Kami juga tetap rutinkan patroli di jam-jam tertentu dan terkadang kami juga sempat libatkan sejumlah masyarakat. Intinya kita kedepankan kebersamaan untuk menjaga kekondusifitasan,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru