oleh

Komisi V DPRD Banten ‘Telanjangi’ Program-program OPD Dibawahnya

Kabar6-Hari ini Komisi V DPRD Banten mengundang sejumlah Kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, khususnya dibawah kemitraan dengan komisi V DPRD Banten, Selasa (8/10/2019).

Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Banten dan Dinas Sosial (Dinsos) Banten.

Hal itu bagian dari upaya komisi V DPRD Banten dalam mengawasi program yang telah berjalan, termasuk untuk malakukan evaluasi serapan anggran, serta untuk mendengarkan masukan dari para wakil rakyat yang baru saja dilantik tersebut.

Sejumlah pertanyaan dan keluhan dilontarkan dari mulut wakil rakyat Banten yang sebelumnya telah hadir di ruangan komisi V DPRD Banten tersebut.

Mulai dari persoalan ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gratis di Banten, angka pengangguran di Banten yang masih tinggi, sebaran Rumah Sakit (RS) yang belum merata, kehadiran dinia industri yang belum sejalan dengan ketersediaan lapangan kerja, minimnya jumlah dokter spesialis di RS Banten, hingga penangggulangan warga miski dan glandangan yang mesih menjamur.

Termasuk kurikulum pendidikan yang belum sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga angka pengangguran di Banten masih tinggi.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten, Yeremia Menrofa mengaku tidak puas dengan OPD kali ini yang telah hadir, karena belum melengkapi hasil capaian yang diperohnya masing-masing.

OPD masih sibuk dengan data-data dan soal angka-angka, belum menyuguhkan hasil capaian yang dari setiap program yang selama ini telah dijalankannya masing-masing.

“Padahal kita ini baru dilantik, seharusnya output dari setiap program yang dimiliki nya saja dulu yang seharusnya disampaikan. Bukan data-data seperti ini. Apa saja yang sudah dicapai,” katanya.

Senada Ketua Komisi V DPRD Banten, M. Nizar, diperlukan sebuah tolak ukur untuk setiap program, hak itu mengetahui seberapa jauh capaian yang diperoleh.

**Baca juga: Angka Pengangguran Tinggi, Kinerja Disnaker Banten Dipertanyakan.

Jangan sampai anggaran yang sebelumnya telah disediakan, tidak berbanding lurus dengan harapan, agar menjadi jelas output capaiannya.

Pantauan Kabar6.com, ke tiga OPD yang hadir terus dicecar sejumlah pertanyaan dan rasa ketidak puasan anggota Komisi V DPRD Banten, sebagai wakil masyaraat di daerahnya masing-masing.

SKPD yang hadir terus terus dicecar dengan kritikan tajam agar bisa segera direalisasikan dilapangan.(Den)

Berita Terbaru