oleh

Klaim Aspirasi Tak Pernah Didengar, Buruh Serang Curhat ke Paslon Nasrul – Eki

Kabar6-Serikat buruh di Kabupaten Serang curhat (mencurahkan perhatian) kepada pasangan calon (paslon) Nasrul Ulum-Eki Baihaki. Mereka mengeluh kalau aspirasinya tak pernah didengar pemerintah kabupaten (Pemkab) Serang, Banten.

Buruh yang tergbung dalam FSBC menilai Pemkab Serang tidak pernah mengakomodir aspirasi buruh melalui lembaga tripartite selama lima tahun kebelakang ini.

Ketua FSBC Kabupaten Serang Arizal Peni mengatakan, serikat buruh juga mengeluh akan perhatian pemerintah daerah lima tahun kebelakang, yang tidak memperhatikan nasib mereka. Bahkan, saat melakukan demonstrasi maupun audiensi, tidak pernah ditemui oleh Bupati Serang.

“Kita kan ada tripartit, tugas mereka memantau dan mengawasi, kemudian melaporkan ke bupati, tapi tidak pernah ada tanggapan dari bupati. Kita berharap Nasrul-Eki bisa bersikap atas tripartit ini,” kata Arizal dalam keterangan resminya, Minggu (18/10/2020).

Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) Kimia, Energi dan Pertambangan (KEP) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Serang Ian Septrianto Putra menyebut dalam keterangan pers, Minggu (18/10/2020), selama ini buruh minta audiensi dengan surat tidak pernah ditanggapi, penyampaian pendapat di muka umum oleh bupati pun tidak pernah ditemui.

Keluhan lainnya disampaikan serikat pekerja dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Serang. Dimana, pemerintah daerah dengan kepemimpinan bupati lima tahun kebelakang tidak berpihak kepada buruh dan pekerja.

“Terlebih sejak pembahasan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Bupati Serang tidak pernah berpihak kepada pegawai industri. “Karena Kabupaten Serang tanpa perubahan enggak mungkin, kita akan tertinggal selamanya,” ungkap Ibandi, pengurus FSPMI Kabupaten Serang dalam keterangan pers bersama di Serang, Minggu (18/10/2020).

Karena kalau tidak ada perubahan, ancam Isbandi, buruh akan terus seperti itu, terlebih kehadiran Omnibus Law. “Kita berharap kehadiran pemerintah daerah menjadi harapan terakhir. Nasrul dan Eki masih muda, pasti beda pola pandang pikirnya,” kata Isbandi menyebut nama paslon Pemkab Serang di Pilkada Serentak 2020.

Paslon Eki Baihaki merespon buruh dengan mengatakan, dirinya akan berupaya ikut serta memperjuangkan keinginan para buruh dan pekerja di Kabupaten Serang. Dimana, para buruh dan dunia industri menjadi penggerak ekonomi dan kesejahteraan ditengah-tengah masyarakat.

**Baca juga: Road Show Pertama Kompetitor Incumbent di Pilkada Kabupaten Serang.

“Saya bersama Kang Nasrul, semoga bisa ikut terus berada dibarisan para buruh. Terutama memperjuangkan kesejahteraanya. Namun perjuangan itu akan lebih mudah, jika saya bersama Kang Nasrul, berada di pimpinan Kabupaten Serang,” kata Eki Baihaki, dalam jumpa pers itu, Minggu (18/10/2020).

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Serang kali ini di ikuti dua pasang calon, yakni paslon incumbent Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan paslon Nasrul Ulum-Eki Baihaki. (Dhi)

Berita Terbaru