oleh

Khasiat Dahsyat Bawang Putih Mentah

Kabar6-Bawang putih sering digunakan sebagai bumbu dalam setiap masakan Indonesia. Biasanya bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek), sebelum dirajang halus dan ditumis dalam penggorengan dengan sedikit minyak goreng.

 

Selain untuk masakan, bawang putih pun dikenal sebagai obat alami untuk kesehatan jantung. Tahukah Anda jika khasiat bawang putih akan lebih tepat jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dan masih segar?

 

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bawang putih mentah lebih bermanfaat bagi kesehatan Jantung dibanding yang sudah dikeringkan. ** Baca juga: Kismis, Si Mungil yang Kaya Manfaat

 

Alasannya karena kandungan zat hidrogen sulfida yang merupakan zat kimia alami, di mana zat ini dapat menyehatkan pembuluh darah dan jantung.

 

Zat tersebut terbentuk, setelah bawang putih dipotong atau dihaluskan. Artinya, jika bawang putih sudah melalui tahap pemrosesan, akan kehilangan banyak unsur zat kimia tersebut.

 

Nah, zat ini juga yang membuat bawang putih memiliki bau yang kurang sedap. Tapi jangan salah, justru dari bau tak sedap itulah terkandung manfaat bawang putih.

 

Aroma bawang putih yang sudah melalui tahap pemrosesan atau tidak mentah memang akan berkurang. Namun khasiat yang terkandung pun akan ikut berkurang. (ilj)

Berita Terbaru