oleh

Ketimbang Beri Tunjangan Mantan Istri, Pengusaha Kanada Ini Bakar Uang Rp10 Miliar

Kabar6-Seorang pengusaha Kanada bernama Bruce McConville (55) dijebloskan ke penjara selama 30 hari setelah memberitahu hakim bahwa dia membakar uang senilai sekira Rp10 miliar. Uang tunai tersebut dibakar dalam dua api unggun terpisah.

Usut punya usut, melansir Foxnews, rupanya McConville melakukan hal konyol itu untuk menghindari pembayaran tunjangan anak ke mantan istri sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka. Dalam sidang Pengadilan Tinggi Ottawa, McConville mengatakan kepada hakim bahwa ia menarik sekira Rp10 miliar dalam 25 penarikan terpisah dari enam rekening bank terpisah.

McConville lantas membakar uang tunai itu dalam dua api unggun, masing-masing senilai US$743 ribu dan US$296 ribu. McConville mengklaim memiliki tanda terima untuk membuktikan bahwa ia menarik uang tersebut.

Namun McConville tidak merekam saat api unggun membakar uang tadi, dan tidak ada yang menyaksikannya dia membakarnya.

“Bisakah saya bertanya lebih jauh? Ketika Anda mengatakan Anda menghancurkannya, apa maksud Anda?” tanya Hakim Pengadilan Tinggi Kevin Phillips.

McConville menjawab,” Saya membakarnya. Ini bukan sesuatu yang biasa saya lakukan. Saya bukan orang yang sangat materialistis. Sedikit berjalan jauh. Saya selalu hemat. Itu sebabnya bisnis saya bertahan selama 31 tahun.”

“Saya tidak percaya padamu. Saya tidak mempercayai Anda. Saya pikir Anda tidak jujur,” tukas hakim. ** Baca juga: Menoleh Terlalu Cepat Sebabkan Remaja Inggris Ini Kehilangan Nyawa

“Saya menemukan apa yang telah Anda lakukan secara moral tercela karena apa yang Anda klaim telah dilakukan dengan sengaja telah merusak kepentingan anak-anak Anda,” kata hakim.

McConville mengatakan, dia mendapatkan uang yang kemudian dibakarnya dengan menjual beberapa properti dan bisnis kepada mantan akuntannya.

Dan itu sebuah pelanggaran langsung atas perintah pengadilan untuk tidak menjual asetnya. McConville juga telah gagal mengajukan pernyataan tertulis mengungkapkan kondisi keuangannya ke pengadilan.

Hakim pun menjatuhkan hukuman 30 hari penjara kepada McConville karena melanggar perintah pengadilan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru