oleh

Ketahui Waktu Terbaik Dapatkan Sinar Matahari

Kabar6-Manfaat sinar matahari, terutama untuk sintesis vitamin D, bisa didapatkan apabila kita terpapar dalam durasi yang wajar. Berjemur secara berlebihan, justru membuat kita mengalami peningkatan risiko luka bakar, hingga kanker kulit.

Ada beragam pendapat mengenai waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari. Pendapat paling umum adalah saat pagi hari. Pendapat lain mengatakan bahwa waktu terbaik adalah saat siang hari.

Sebuah penelitian, melansir Kompas, mengemukakan bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari adalah siang hari. Alasannya, pada waktu inilah risiko kanker kulit jenis cutaneous malignant melanoma (CMM), justru berada di angka yang paling rendah.

Selain itu, paparan sinar matahari yang didapatkan antara pukul 10.00 hingga pukul 15.00, dapat memicu produksi vitamin D, yang dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah, jika dibandingkan dengan vitamin D yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan.

Meski demikian, pada jam-jam tersebut risiko kulit terbakar matahari juga akan meningkat karena sinar matahari cukup menyengat. Karena itulah kita perlu membatasi waktu paparan.

Waktu ideal terkena paparan matahari, hanyalah 5-15 menit setiap harinya. Itu pun bisa didapatkan saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan saat siang hari.

namun Anda tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk berjemur, demi mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan. Paparan sinar matahari di wajah, tangan, atau lengan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu, sudah cukup untuk menjaga kadar vitamin D di tubuh.

Bagi yang akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya spektrum luas dengan cukup. Jika ingin memanfaatkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, bisa menunda pemakaian sunscreen.

Namun, hal ini hanya berlaku sebentar saja, yaitu 5-15 menit, sesuai dengan waktu ideal mendapatkan sinar matahari. Setelah itu, Anda tetap harus menggunakan sunscreen untuk mencegah dampak paparan sinar matahari berlebih. ** Baca juga: Mana yang Lebih Disarankan, Makan Kentang Tanpa atau dengan Kulitnya?

Pemakaian sunscreen juga harus diulangi setiap dua hingga tiga jam sekali.(ilj/bbs)

Berita Terbaru