oleh

Ketahui Pengaruh Berbagai Nutrisi Terhadap Kulit

Kabar6-Kulit memegang memiliki peranan penting agar tampilan Anda lebih menarik. Kulit yang sehat dapat menjadi ‘penghalang’ yang baik untuk mencegah masuknya berbagai kuman ke organ tubuh, dan membantu proses pengeluaran berbagai zat beracun dari dalam tubuh.

Kesehatan kulit dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk faktor genetika, kebersihan diri, gaya hidup, serta nutrisi. Nutrisi yang buruk dapat berdampak negatif pada pada kulit. Melansir healthyeating.sfgate, berikut pengaruh nutrisi dalam makanan yang Anda konsumsi terhadap kulit:

1. Lemak
Lemak memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kulit, digunakan untuk membentuk suatu lapisan anti air. Asam lemak esensial seperti asam lemak omega 6 juga memiliki peranan penting bagi kesehatan kulit, yaitu untuk mendukung pertumbuhan kulit.

Sementara omega 3 dapat membantu mencegah kulit menjadi kering. Kurangnya konsumsi makanan sehat dan bernutrisi dapat menyebabkan kekurangan asam lemak omega 3 yang dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit dan rambut.

2. Vitamin
Vitamin C atau asam askorbat berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda. Bersama dengan vitamin E, vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin C juga berfungsi membentuk kolagen, suatu protein yang berfungsi untuk membentuk struktur kulit anda.

Kurangnya konsumsi vitamin C dapat meningkatkan risiko terjadinya scurvy, suatu gangguan akibat kekurangan vitamin C yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kulit.

Vitamin D juga penting bagi kesehatan kulit, berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel-sel di lapisan dalam kulit, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kulit lebih rentan terhadap berbagai kerusakan akibat sinar matahari.

Dianjurkan agar pria mengonsumsi setidaknya 90 mg vitamin C setiap harinya, dan 75 mg vitamin C untuk wanita. Selain itu, semua orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 15 mcg vitamin D setiap harinya.

3. Mineral
Kekurangan atau defisiensi seng dapat berdampak negatif pada kulit. Seng berfungsi untuk proses regenerasi sel kulit. Kekurangan seng dapat menyebabkan timbulnya pigmentasi abnormal pada kulit, yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kulit dan meningkatkan risiko terjadinya dermatitis.

Kekurangan seng juga dapat menyebabkan rambut rontok dan gangguan pertumbuhan kuku. Pria membutuhkan 11 mg seng setiap harinya, sementara wanita membutuhkan 8 mg seng. ** Baca juga: Patuhi 7 Aturan Ngemil Agar Berat Badan Tidak Makin Bertambah

Selenium merupakan mineral lainnya yang diperlukan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Kekurangan selenium dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit, memperlambat pertumbuhan rambut, rambut rontok, dan mengganggu pertumbuhan normal sel-sel kulit. Pastikan Anda mengonsumsi 55 mg selenium setiap harinya.

Kebutuhan nutrisi yang cukup akan membuat tampilan kulit Anda lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru