oleh

Ketahui Lima Badan Intelijen Paling Ditakuti di Dunia

Kabar6-Badan intelijen adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, memata-matai, dan mengeksploitasi informasi intelijen dalam rangka mendukung tujuan penegakan hukum, keamanan nasional, pertahanan, dan kebijakan luar negeri.

Umumnya, setiap negara memiliki badan intelijen khusus untuk kepentingan negaranya. Agen rahasia ini bertugas dengan berbagai cara, seperti melakukan kegiatan mata-mata, mencuri data, melakukan propaganda, dan lain sebagainya.

Banyak agen rahasia yang telah melakukan hal tidak terduga dan menggagalkan operasi penting yang dianggap akan merugikan negara asal agen tersebut. Nah, sejumlah organisasi intelijen ditakuti oleh negara lain karena berbagai faktor. Melansir Sindonews, ini lima badan intelijen palind ditakuti di dunia:

1. Office of Strategic Services (OSS), Amerika Serikat
OSS yang dikenal sebagai cikal bakal dari CIA ini hanya sempat beroperasi selama tiga tahun yaitu 1942 hingga 1945. Meskipun hanya sebentar, OSS berhasil menyelesaikan seluruh tugas penting sebelum berhenti beroperasi.

OSS diketahui pernah mempekerjakan 24 ribu orang untuk menjadi agen hingga karyawan pengelola dokumen untuk memata-matai Jerman selama Perang Dunia II berlangsung.

2. Central Intelligence Agency (CIA), Amerika Serikat
Hanya berselang dua tahun dari bubarnya OSS, CIA dibentuk tepatnya pada 1947. Jumlah agen CIA diperkirakan mencapai 20 ribu orang, dengan misi mengumpulkan data dari negara lain yang sekiranya dapat memengaruhi AS. Keberhasilan utama badan intelejen ini adalah penangkapan Osama bin Laden serta menggulingkan presiden Guatemala.

3. Inter-Services Intelligence (ISI), Pakistan
ISI yang dibentuk pada 1948 mengemban misi memperkuat kinerja intelijen militer Pakistan. Sejak dibentuk, ISI langsung melambung karena berhasil menyaingi badan militer milik Rusia, KGB, yang merupakan badan intelijen terbaik pada masanya.

ISI memiliki peran besar dalam banyak hal yang terjadi di akhir tahun 70-an hingga awal tahun 80-an. Personel ISI konon tidak pernah tertangkap kamera, dan diperkirakan memiliki sekira 10 ribu anggota yang tersebar di berbagai negara. ** Baca juga: Seorang Remaja di India Kerap Terima Pelecehan Gara-gara Seri Pelat Skuter Miliknya Bertuliskan ‘SEX’

4. Ministry of State Security (MSS), Tiongkok
Dibentuk pada 1983, MSS merupakan salah satu lembaga yang paling tertutup di dunia. Cara MSS memata-matai negara lain umumnya dengan melakukan peretasan komputer.

Ada beberapa kasus penangkapan anggota MSS yang diciduk karena meretas data rahasia milik negara lain. Seperti pada 2018 di AS, dua orang peretas yang bertindak atas nama MSS ditangkap karena telah mencuri data rahasia milik AS.

Banyak pihak yang menduga, pertumbuhan ekonomi negara ini dapat melesat cepat lantaran kemampuan agen MSS untuk mencuri sumber intelektual dari negara lain. MSS juga tidak memiliki situs web resmi atau daftar kontak apa pun yang tersedia untuk publik.

5. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB), Rusia
KGB yang berdiri sejak 1954 hingga 1991, merupakan salah satu badan intelijen paling legendaris sebagai agen mata-mata terbaik di dunia. Spesialisasi di bidang spionase menjadikan badan intelijen ini tidak terkalahkan.

Agen KGB berhasil menembus pertahanan AS dan mencuri data-data pentingnya saat Perang Dingin berlangsung. Pada 1970, KGB berhasil menyusup di pemilu Bangladesh. Hanya ISI, badan intelijen Pakistan, yang dapat menyaingi kekuatan KGB pada masa itu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru