oleh

Ketahui Kesehatan Anda Melalui Kuku

Kabar6-Salah satu bagian dari tubuh yang sering diabaikan adalah kuku. Padahal, kondisi kuku penting bagi kesehatan.

 

Tahukah Anda jika warna kuku termasuk bentuk dan teksturnya memiliki arti tersendiri yang dapat menandakan kesehatan seseorang? Berikut ulasannya,

 

1. Kuku Pucat

Selain mengindikasikan seseorang dari penuaan, warna kuku pucat dapat juga menjadi tanda beberapa penyakit seperti kurang darah (anemia), kurang gizi, penyakit gagal jantung, dan penyakit hati.

 

2. Kuku Putih

Warna putih pada kuku dengan pinggiran yang berwarna agak gelap menandakan masalah hati seperti hepatitis. ** Baca juga: Usia Seseorang Bisa Ditebak Dari Bagian Ini

 

3. Kuku Kuning

Biasanya sering terjadi akibat infeksi jamur. Kondisi kuku Anda akan kembali seperti semula, jika infeksi ini dapat segera diatasi.

 

Namun ada juga sebagian penguningan pada kuku yang mengindikasikan kondisi tubuh mengidap penyakit gondok (thyroid disease), penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis, yaitu sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit terlalu cepat.

 

4. Kuku Berkerut

Permukaan kuku yang berkerut atau tidak rata ini dapat menjadi pertanda awal psoriasis, sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit terlalu cepat, atau radang sendi (arthritis).

 

5. Kuku Kebiruan

Kemungkinan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang dapat menjadi indikasi adanya infeksi pada paru-paru.

 

6. Kuku Memerah dan Bengkak

Jika daerah sekitar kuku tampak memerah dan bengkak, ini merupakan ciri-ciri terdapatnya peradangan pada lipatan kuku. Selain peradangan kuku juga dapat disebabkan oleh Lupus.

 

7. Garis Kuku

Garis kuku yang berwarna lebih tua perlu mendapat perhatian, karena kemungkinan merupakan gejala Melanoma, sejenis kanker kulit yang berbahaya.

 

8. Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan yang dilakukan sejak kanak-kanak dan masih bertahan sampai sekarang ini dapat disebabkan oleh perasaan cemas yang berlebihan. Dapat menunjukkan indikasi gangguan obsesif-kompulsif, sejenis penyakit jiwa.

 

Sayangilah kuku Anda, dengan merawat kesehatannya secara tepat. Karena mencegah lebih baik ketimbang mengobati. (ilj)

Berita Terbaru