Ketahui Fakta Menarik Tentang Kondom

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kondom adalah alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit kelamin pada saat bercinta. Meskipun bukan hal tabu lagi, hingga saat ini banyak informasi yang salah mengenai kondom.

Hal ini tentu saja membuat tidak sedikit orang yang menjadi bingung. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah fakta menarik tentang kondom:

1. Sebenarnya tingkat kegagalan pemakaian kondom tidak lebih dari dua persen. Kebanyakan faktor kegagalan pemakaian kondom karena tidak menggunakannya dengan benar. Disarankan gunakan kondom yang terbuat dari lateks, polyurethene dan polyisoprene karena mereka dapat melakukan proteksi maksimal untuk menghindari kehamilan dan penyakit menular seksual.

2. Beberapa orang cenderung percaya menggunakan dua kondom lebih baik daripada hanya menggunakan satu. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Faktanya, dengan penggunaan dua kondom, Anda justru akan meningkatkan terjadinya robekan karena semakin tingginya gesekan yang terjadi.

4. Beberapa penyebab terjadinya robekan kondom adalah panjangnya durasi seks, kekasaran yang terjadi saat berhubungan, menggunakan lubrikan berbahan dasar minyak, anal seks, Miss V yang kering dan membuka bungkus kondom dengan benda tajam.

5. Simpanlah kondom di tempat yang sejuk dan kering karena suhu panas dan lembap akan membuat kondom menjadi rapuh dan akan rusak saat digunakan. ** Baca juga: Minyak Zaitun Tidak Boleh Dioleskan pada Jenis Kulit Berminyak?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)