oleh

Ketahui Beberapa Mitos Tentang Pisang

Kabar6-Selain mudah didapat dan tidak mahal, pisang menjadi salah satu buah yang cukup digemari karena sifatnya yang mengenyangkan. Di sisi lain, pisang pun sering menjadi kontroversi dalam dunia kesehatan, sehingga memunculkan berbagai mitos. Dilansir Times of India, berikut adalah lima mitos tentang buah ini:

1. Tidak baik untuk penderita diabetes
Faktanya, pisang aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, termasuk untuk penderita diabetes. Buah ini mengandung indeks glikemik rendah yang direkomendasi untuk menstabilkan kadar gula darah.

2. Tinggi gula
Faktanya, pisang mengandung fruktosa dan vitamin B. Nutrisi itu merupakan sumber gula alami yang aman bagi siapa saja untuk makan.

3. Menyebabkan sakit perut
Faktanya, pisang tidak akan membuat sakit perut jika dikonsumsi, karena kaya akan serat dan pektin, yang mencegah kembung dan mengundang bakteri baik.

4. Bisa bikin gemuk
Faktanya, mengonsumsi pisang tidak membuat seseorang gemuk atau perut menjadi buncit. Pisang juga boleh dimakan orang saat diet, serta mengandung lemak baik yang membuat tubuh tetap sehat dan mencegah kolesterol.

5. Tidak boleh dikonsumsi penderita hipertesi
Faktanya, pisang merupakan sumber yang kaya vitamin B6, mineral dan serat dan sarat dengan kalium. Pisang tak mengandung kolesterol jahat dan lemak jahat yang berbahaya bagi orang hipertensi. ** Baca juga: 5 Fakta Tentang Kesehatan

Jadi jangan ragu lagi konsumsi pisang, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru