Ketahui Bahaya Tindik Hidung

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tindik adalah menusukkan jarum untuk membuat lubang kecil pada tubuh agar bisa dipasangi perhiasan. Selain telinga, tidak sedikit juga orang yang menindik bagian tubuh lain seperti lidah, bibir, dan lain sebagainya

Nah, salah satu bagian tubuh yang cukup populer adalah tindik hidung. Praktik ini sudah populer sejak ratusan tahun lalu, seperti di India dan suku-suku tradisional di Afrika, Pasifik, dan Asia Tenggara. Namun jika tindik dilakukan dengan peralatan yang tidak steril, tentu saja akan mengundah banyak risiko kesehatan. Dilansir Go Dok, berikut adalah beberapa bahaya tindik hidung:

1. Timbulnya pendarahan & pembengkakan
Kedua hal ini memang wajar terjadi saat awal penindikan. Bagian tubuh yang baru saja ditindik, termasuk hidung, biasanya akan mengeluarkan sedikit darah, berubah warna menjadi kemerahan dan sedikit membengkak. Namun, biasanya hal-hal ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

2. Timbulnya infeksi ringan
Bahaya menindik hidung ini ditandai dengan area hidung Anda yang baru saja ditindik akan lebih rentan terkena infeksi dibandingkan sebelumnya.

3. Terluka atau tergores
Proses menindik bisa membuat jaringan kulit robek. Untuk lebih aman, mintalah asistensi orang lain saat Anda menindik hidung.

4. Infeksi penyakit serius
Infeksi yang timbul antara lain Hepatitis B, Hepatitis C, Tetanus, atau HIV. Hal ini bisa saja terjadi, apabila alat yang digunakan untuk menindik tidak steril dan bekas pakai orang lain.

5. Reaksi alergi
Bahaya menindik mungkin muncul jika Anda menderita alergi terhadap bahan yang digunakan sebagai tindikan alias alergi terhadap metal. Karenanya, berhati-hatilah dalam memilih bahan tindikan dan pilihlah bahan yang tidak menyebabkan alergi. Emas, platinum, niobium, dan titanium termasuk dalam jenis bahan tindikan yang aman untuk digunakan.

6. Nasal trauma
Merupakan cedera pada hidung Anda, atau area di sekeliling hidung yang menyokong bagian tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh cedera dari bagian dalam maupun luar hidung, dan tindik hidung adalah salah satu penyebab yang cukup umum.

Ciri umum dari nasal trauma adalah terdapatnya rasa nyeri di area hidung, keluarnya cairan dari hidung, terjadinya pembengkakan pada hidung, dan gangguan pernapasan melalui hidung. Selain itu, karena hidung Anda memiliki banyak pembuluh darah yang terletak di dekat permukaan kulitnya, biasanya nasal trauma juga menyebabkan Anda mengalami mimisan atau pendarahan.

7. Timbulnya abses pada hidung
Menjadi salah satu bahaya menindik hidung yang mungkin terjadi, yaitu suatu benjolan yang berisi nanah atau darah, merupakan salah satu komplikasi yang seringkali terjadi pada bagian yang baru saja ditindik. ** Baca juga: Selain Rokok, Ini 4 Makanan yang Ternyata Mengandung Nikotin

Jadi pertimbangkan lagi jika Anda memang ingin menindik hidung.(ilj/bbs)