oleh

Ketahui 5 Jenis Lemak dalam Tubuh Berdasarkan Tipenya

Kabar6-Peran lemak dalam bahan makanan yang utama adalah sebagai sumber energi. Lemak merupakan sumber energi yang dapat menyediakan energi sekira 2,25 kali lebih banyak daripada energi yang diberikan oleh karbohidrat (gula, pati) atau protein.

Seorang ahli gizi bernama Alix Woods mengatakan, ada lima jenis lemak utama dalam tubuh yang masing-masingnya memiliki struktur molekuler dan implikasi berbeda pada kesehatan. Woods, melansir MSN, mengibaratkan lemak tubuh seperti organ, mulai dari jantung, paru-paru, dan kulit yang menyimpan energi dan mengelola hormon, terutama metabolisme. Apa saja lima jenis lemak yang dimaksud?

1. Brown fat (BF)
Merupakan lemak baik yang menyediakan energi. BF dikenal juga sebagai jaringan adipose coklat (BAT) yang ditemukan di belakang leher dan area dada. Selain pembakar lemak, BF juga membantu menjauhkan Anda dari risiko diabetes.

Kadar BF bisa ditingkatkan dengan rajin makan sehat, mengonsumsi suplemen tepat, dan mengubah gaya hidup tak sehat. Suhu dingin juga bisa menstimulasi lemak putih bertransformasi menjadi lemak cokelat.

2. Beige fat (BeF)
Merupakan kombinasi lemak putih dan lemak cokelat yang ditemukan di sepanjang tulang belakang dan tulang selangka. Dengan olahraga, hormon irisin dilepaskan untuk mengubah lemak putih menjadi BeF. Makanan tertentu seperti anggur juga membantu proses perubahan ini.

3. White subcutaneous fat (WSF)
Lemak ini menyimpan kalori dan menghasilkan adiponektin, hormon yang membantu hati dan otot mengelola insulin. Insulin adalah hormon pengontrol glukosa atau gula yang sangat penting untuk menjaga level energi tubuh. Ini membuat gula darah tetap stabil dan menjaga kadar lemak putih tetap terkendali.

Masalah muncul ketika ada terlalu banyak lemak putih dalam tubuh dan sekresi adiponektin ini memperlambat metabolisme. Ketika ini terjadi, berat badan mulai naik, terutama di area sekitar pinggul, paha, dan perut yang sulit sekali dihilangkan.

4. Subcutaneous fat (SF)
Ini adalah lemak di bawah kulit untuk menentukan persentase lemak tubuh. Lemak ini ditemukan di seluruh tubuh, terutama di belakang lengan, paha, dan pantat.
Anda perlu menghindari kelebihan SF di sekitar perut untuk mencegah risiko kesehatan jangka panjang, seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Lemak ini juga memproduksi estrogen pada pria dan wanita. Jika ada yang kelebihan estrogen dan hormon ini menjadi dominan, ini bisa memicu kenaikan berat badan (obesitas), penyakit CVD, diabetes, dan kanker.

5. Visceral fat (VF)
Lemak berbahaya ini ada di sekitar organ perut, dan banyak ditemukan pada perut buncit, bahkan bisa memicu hati membesar. Kolesterol darah akan meningkat dan menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan kanker.

Itulah sebabnya mengapa lemak perut akibat kelebihan VF sangat mengkhawatirkan. Jika jumlah dan proporsinya sehat, VF sesungguhnya berfungsi melindungi organ-organ tubuh dan menjaga suhu inti tubuh tetap stabil.

Dikatakan Woods, terlepas dari baik jahatnya lemak, ada lima cara untuk menjaga kadar lemak tetap stabil dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pertama, makan biji-bijian dan protein tanpa lemak, terutama buah dan sayuran.

Selanjutnya, mengurangi konsumsi karbohidrat putih, terutama nasi dan menggantinya dengan biji-bijian kompleks. Kemudian rajin berolah raga minimal 30-45 menit, tiga kali sepekan. Hal lain, makan porsi kecil tapi sering, dan mengurangi kebiasaan ngemil. Dan yang terakhir adalah melakukan dua sesi latihan berat sembari banyak minum air putih. ** Baca juga: 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Rusak Mata

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru