oleh

Ketahui 4 Tipe PMS yang Dialami Kaum Hawa Tiap Bulan

Kabar6-Premenstrual syndrom (PMS) atau sindrom prahaid adalah kondisi yang terjadi sebelum wanita datang bulan (menstruasi). Gejala-gejala PMS bisa memengaruhi fisik, mental, dan emosional.

PMS memiliki banyak tanda dan gejala, termasuk naik turun suasana hati, payudara keras, ngidam makanan, pingsan, cepat marah, hingga depresi. Diperkirakan, tiga dari empat wanita mengalami sindrom prahaid.

Gejala dapat terjadi berulang dan dapat diprediksi. Namun, perubahan fisik dan emosional yang Anda alami sebagai sindrom prahaid dapat bervariasi, dari ringan hingga intens. PMS adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Sekira 50 persen dari wanita yang menderita sindrom ini berusia sekira 20-30 tahun.

Namun tahukah Anda, PMS sendiri ternyata memiliki empat tipe berdasarkan gejalanya? Melansir TabloidBintang, ini empat tipe yang dimaksud:

1. PMS tipe A (Anxiety)
Tipe untuk wanita yang sering merasa khawatir, mudah marah dan tersinggung, sensitif hingga merasa labil. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat agar bisa mengurangi kekhawatiran tersebut

2. PMS tipe C (Craving)
Tipe untuk Anda yang sering merasa ingin mengemil terus menerus saat PMS. Biasanya Anda juga akan merasa selalu lapar dan nafsu makan tak mudah terkendali.

3. PMS tipe D (Depression)
Tipe ini biasanya membuat seseorang lebih emosional hingga sulit tidur dan terus menerus ingin menangis. Saat mengalami tipe PMS yang ini Anda disarankan untuk lebih memperbanyak konsumsi sayuran ataupun kacang-kacangan yang kaya akan magnesium agar kondisi hati kalian bisa lebih stabil.

4. PMS tipe H (Hyperhydration)
PMS tipe H memiliki gejala yang langsung terlihat dari fisik kita. Biasanya Anda akan menjadi sedikit bengkak pada tangan atau kaki hingga payudara yang semakin mengeras.

Hal ini disebabkan oleh adanya kumpulan air pada jaringan luar sel karena asupan garam dan gula yang tinggi. ** Baca juga: Apakah Kita Harus Mandi Tiap Hari?

Tidak menutup kemungkinan biasanya wanita juga bisa langsung mengalami dua tipe PMS sekaligus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru