oleh

Kesenjangan Ekonomi Undang Pelaku Kejahatan

Kabar6-Kriminolog Rafiq Arif mengatakan, akhir-akhir aksi kejahatan semakin sadis. Pelakunya mengindahkan norma-norma kemanusiaan seperti dalam kasus premanisme, perampokan di siang hari, perkosaan, dan pelecehan seksual.

“Kesenjangan ekonomi yang semakin mencolok serta lingkungan yang keras seringkali menjadi penyebab terjadinya aksi-aksi kejahatan termasuk premanisme,” kata Rafiq Arif, dosen sejumlah perguruan tinggi di Kota Serang, Rabu (25/9/2013).

Ia menyebutkan, kondisi ekonomi kerap mendorong pelaku berbuat nekat, bahkan tidak segan-seganĀ  melukai bahkan membunuh korbannya.
Ini menjadi tugas dan kewajiban pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk menyediakan lapangan pekerjaan yang layak bagi warganya.

“Pemerintah harus menyediakan atau menambah lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang menganggur, karena kejahatan timbul akibat faktor ekonomi yang kurang memadai,” ujarnya.

Di sisi lain, menurut Rafiq, pemerintah harus memberikan tindakan tegas kepada pelaku-pelaku kejahatan, seperti sanksi pidana yang berat untuk memberikan efek jera.

“Apabila pelaku kejahatan tidak diganjar sanksi tegas, dikhawatirkan aksi tersebut akan terus berulang dan pelaku akan semakin nekat melakukan aksinya,” ucap Rafiq mengingatkan.(ant/jus)

Berita Terbaru