oleh

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Tidur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan stamina sekaligus memberi kesempatan organ tubuh untuk beristirahat. Setiap orang memiliki ritual tidur yang berbeda. Namun tahukah Anda jika kita sering melakukan beberapa kesalahan saat tidur?

Kesalahan yang mungkin tidak disengaja ini tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya, dikutip dari health.kompas.com:

1.Menggunakan bantal hanya di kepala
Menggunakan bantal saat tidur bertujuan untuk menjaga posisi tidur dan kinerja organ tubuh tetap bekerja optimal saat tidur. Jadi sebaiknya jangan menggunakan banal hanya untuk kepala.

Saat Anda tidur dengan posisi telentang, gunakan juga bantal pada bawah lutut, untuk sedikit memberikan tekanan pada bagian pinggang ke bawah.

Sementara ketika tidur dengan posisi miring, gunakan bantal di antara ketiak untuk menyangga lengan. Berikan pula satu bantal di antara kaki untuk menjaga tulang belakang.

2.Tidur tengkurap
Tidur tengkurap bisa mengakibatkan masalah serius seperti kesulitan bernapas. Jika ingin tidur tengkurap, usahakan wajah menghadap ke kanan atau kiri.

Anda pun disarankan berhati-hati tidur tengkurap karena bisa menimbulkan masalah nyeri leher dan punggung saat bangun nanti.

Tidur terbaik adalah dengan miring ke kiri atau kanan. Setelah itu, biarkan badan sedikit meringkuk sambil memeluk bantal. Posisi ini akan meminimalisir risiko nyeri sehabis bangun tidur.

3.Tidur dengan kondisi perut kenyang
Waktu terbaik untuk makan malam adalah tiga jam sebelum tidur. Jika Anda langsung tidur setelah makan, akan berisiko mengalami masalah maag dan gangguan pencernaan. Akibatnya tidur menjadi terganggu.

Anda pun sebaiknya menghindari makanan ringan, makanan berlemak dan makanan pedas menjelang tidur.

4.Tidur di bantal yang terlalu lembut dan tinggi
Bantal sebenarnya diciptakan untuk mengangkat kepala, sehingga menjaga tulang belakang dan leher lurus saat tidur. Untuk itu, bantal yang terlalu tinggi dan ukuran yang tidak pas akan menyebabkan kepala terlalu maju ke depan.

Hindari juga menggunakan bantal yang terlalu lembut. Kepala bisa masuk ke dalam bantal yang lembut dan justru menyebabkan nyeri leher.

5.Tidur dengan kaki yang kotor
Biasakan untuk mencuci kaki sebelum tidur. Meskipun Anda merasa sudah bersih, kaki tetap memiliki kotoran dan debu yang menempel saat berjalan tanpa alas kaki. Alhasil tanpa disadari, kotoran akan menempel pada tempat tidur dan masuk ke dalam tubuh. ** Baca juga: Kenapa Sih Pipi Memerah Saat Malu?

Yuk mulai membiasakan tidur dengan cara yang tepat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru