oleh

Kesalahan Berdiet yang Harus Dihindari

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet, ternyata menjaga pola makan dan berolahraga teratur saja tidak cukup lho.
Beberapa kesalahan dalam berdiet atau cara yang diet yang keliru, secara tidak sengaja bisa jadi telah Anda lakukan.

Akibatnya akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Apa saja kesalahan diet yang sering dilakukan? Berikut uraiannya, dikutip dari tabloidnova.com:

1. Tidak mengonsumsi gula sama sekali
Gula acapkali dianggap buruk bagi tubuh. Alhasil, banyak pelaku diet yang memangkas seluruh asupan gula. Contohnya, dengan tidak mengonsumsi buah yang dianggap sebagai salah satu sumber gula. Sebenarnya hal itu merupakan cara yang keliru.

Buah merupakan makanan bergizi yang banyak mengandung antioksidan. Menghilangkan nutrisi penting seperti gula tidaklah baik bagi kesehatan kita.

Menurut American Heart Association, gula boleh dikonsumsi sebanyak enam sendok teh/hari bagi perempuan. Jadi tetaplah konsumsi gula seperti buah, asalkan tidak berlebihan.

2. Berlebihan menghitung jumlah kalori
Cobalah untuk tidak terlalu ketat menghitung masuknya kalori dalam tubuh. Ini bukan permasalahan kuantitas, melainkan kualitas.

Sebuah penelitian menegaskan, jumlah kalori tidaklah sama pada setiap makanan. Beberapa makanan malah dapat mempercepat pembakaran kalori, seperti kacang-kacangan, almond, dan alpukat.

Mereka juga dapat menunda rasa lapar bagi tubuh kita. Studi lain menemukan bahwa perempuan yang selalu memantau asupan kalori mereka, mengalami lonjakan hormon kortisol (hormon yang berkaitan dengan stres). Terlebih lagi, lemak dalam perut mereka pun meningkat.

3. Membatasi porsi makanan secara berlebihan
Melayani diri sendiri untuk menentukan porsi makanan merupakan strategi bagus. Namun, ada beberapa metode yang keliru atau kontrol yang terlalu jauh. Misalnya makan hanya dengan menggunakan sumpit. Atau berhenti makan setelah beberapa gigitan atau sendok makan. Memang, jumlah kalori pun akan turun dalam tubuh kita.

Tapi, hal ini dapat menyebabkan masalah baru bagi kesehatan tubuh kita. Makan terlalu sedikit dapat menyebabkan efek samping, seperti merasa selalu lelah, sistem imun menurun, hingga mudah tersinggung.

4. Makan dengan satu menu saja
Ada banyak diet yang melibatkan satu menu makanan. Pendekatan ketat seperti ini memang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Sayangnya, pendekatan ini hanya bersifat sementara.

Sebuah metode diet yang sehat, memilih makanan bergizi seimbang, yaitu perpaduan antara protein, lemak sehat, serat, hingga karbohidrat. Cara ini lebih menyehatkan tubuh. Karena tubuh kita jelas membutuhkan beragam nutrisi untuk menjalankan fungsinya. ** Baca juga: Mengapa Sering Ngiler Saat Tidur?

Jadi jangan sembarangan menjalankan program diet ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru