oleh

Keringat & Pembakaran Lemak Tidak Saling Berhubungan?

Kabar6-Selama ini orang selalu mengira bahwa keringat dan pembakaran lemak adalah dua hal yang saling berhubungan erat. Dengan kata lain, banyaknya keringat yang dikeluarkan saat berolahraga sama dengan berapa banyak lemak yang dibakar. Benarkah demikian?

Menurut para ahli, seperti dilansir Womenshealthmag, berapa banyak keringat yang Anda hasilkan saat berolahraga tidak berhubungan dengan seberapa sehat dan kuatnya tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, berapa banyak keringat yang dihasilkan oleh seseorang tergantung pada berbagai hal, terutama faktor genetika dan suhu ruangan atau suhu lingkungan sekitar.

Bisa jadi Anda melakukan olahraga kardio selama 60 menit dan berkeringat sangat banyak, namun hal ini bukan berarti Anda akan menjadi lebih sehat ketimbang Anda hanya berolahraga angkat beban selama 10 menit.

Jika berapa banyak keringat yang dihasilkan oleh seseorang saat berolahraga memang sangat berarti, maka berbagai jenis olahraga yang tidak membuat Anda banyak berkeringat seperti pilates dan yoga tidak akan terlalu efektif bagi kesehatan Anda.

Sementara itu, olahraga kardio yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung untuk meningkatkan pembakaran kalori sebenarnya juga tidak membakar kalori sebanyak yang Anda kira. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Alami Depresi?

Jadi, apa pun jenis olahraga yang dipilih, pastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan karena hal ini justru dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera. Pilihlah olahraga yang dapat membantu meningkatkan stamina, meningkatkan tonus otot, membentuk otot, dan meningkatkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, bukannya olahraga yang hanya membuat Anda berkeringat sangat banyak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru