oleh

Keramas Pakai Air Hangat Setelah Kehujanan Hindari Pusing?

Kabar6-Seringkali usai kehujanan, Anda disarankan untuk keramas memakai air hangat agar tidak pusing. Benarkah saran tersebut? Sebetulnya belum ada penelitian yang mengatakan bahwa hujan-hujanan bisa membuat seseorang menjadi sakit, apalagi menyebabkan pusing atau sakit kepala.

Namun para pakar kesehatan menduga, dinginnya air hujan yang mengenai kepala bisa menyebabkan suhu tubuh berubah secara mendadak. Ketika terguyur air hujan, melansir hellosehat, suhu tubuh yang cenderung panas akan ‘kaget’ terkena air hujan yang suhunya dingin. Nah, perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba inilah yang dapat memicu sakit kepala atau flu. Cuaca dingin juga menyebabkan pembuluh darah jadi menyempit. Hal ini terjadi sebagai respon alamiah tubuh dalam mempertahankan panas agar tubuh tidak kedinginan.

Di sisi lain, penyempitan pembuluh darah tersebut juga mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh jadi tidak lancar. Jika otak tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda akan merasa pusing atau sakit kepala setelah hujan-hujanan. Itulah sebabnya banyak orang percaya bahwa keramas dengan air hangat bisa membantu mengatasi pusing setelah hujan-hujanan.

Keramas dengan air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran oksigen jadi lebih lancar, sehingga Anda tidak lagi pusing atau terkena demam setelah hujan-hujanan. Tidak hanya membantu meredakan pusing, keramas dengan air hangat juga dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih rileks, nyaman, dan bisa tidur lebih nyenyak. ** Baca juga: 4 Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Agar Tetap Sehat

Hal yang tak kalah penting, pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat setiap harinya, karena daya tahan tubuh Anda sedang menurun sehingga rentan terkena penyakit di musim hujan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru