oleh

Kepung Pusat Belanja, Buruh Ajak Karyawan Mall Tolak Outsourcing

Kabar6–Ratusan Aliansi Buruh Tangerang Raya melakukan sweeping dan mengeoung pusat perbelanjaan di Kota Tangerang.

Aksi itu dalam rangka mensosialisasikan penghapuasan outsoursing (sistem buruh kontrak). Selain itu, buruh juga menggelar konvoi di jalan utama, Kamis (27/9/2012).

Aksi buruh yang dilakukan sejak siang itu dipusatkan di pusat-pusat perbelanjaan dan jalan utama Kota Tangerang. Sat tiba di jalan Jendral Sudriamn, ratusan buruh berusaha merengsek masuk ke sejumlah pusat perbelanjaan.

Namun, aksi mereka menuai hadangan dari aparat keamanan setempat. Meskipun sempat terjadi ketengangan, akhirnya buruh hanya melakukan orasai.

Gagal di satu pusar perbelanjaan, buruh pun meneruskan aksinya ke pusat perbelanjaan di daerah Cikokol. Dimana disana ada Tangerang City Mall.

Namun kali ini usaha mereka untuk masuk ke dalam mall juga gagal. Buruh pun kembali melakukan orasi beberapa saat di mall tersebut.

Dalam akasinya, buruh kembali menyuarakan agar pemerintah pusat segera menghapus sistem buruh kontrak yang dinilai menyengsarakan buruh.

Mereka juga mengutuk sistem kapitalis yang dibawa perusahaan-perusahan di Kota/Kabupaten Tangerang, yakni yang selalu menerapkan upah murah.

Dalam kesempatan itu, buruh yang dikomandani Dedi Sudrajat, juga mendesak agar undang undang dan peraturan yang mengatur sistem kerja kontrak dihapuskan.

Mereka juga mengancam akan melakukan aksi lebih besar lagi pada 3 Oktober jika sampai sat itu tidak ada tanggapan serius.

“Penghapusan terhadap aturan kerja kontrak, politik upah murah, dan berbagai peraturan yang merugikan buruh harus dihapuskan, itu harga mati. Kalau tidak, kami akan kembali turun ke jalan dengan mengerahkan massa lebih besar pada 3 Oktober mendatang,” imbuh Sudrajat, Koordinator Aksi.

Pantaun di Tangerang City, saat buruh berorasi, sejumlah pengunjung Tangerang City nampak panik. Beberapa pengunjung di luar bangunan urung memasuki Tangerang City.

Selanjutnya, buruh pun melanjutkan aksinya ke jalan utama Kota Tangerang lainnya. Mereka akan melakukan aksi serupa di pusat perbelanjaan di Jalan Daan Mogot.

“Kenapa pusat perbelanjaan, di sini mereka juga masih mempekerjakan karyawan kontrak dengan upah murah. Kami ingin agar karyawan di mall jangan bangga, mereka sama sepeti kami di pabrik, tetap mendapatkan gaji tidak layak akibat undang-undang outsoursing,” tandas Sudrajat.(Iqmar)

Berita Terbaru