oleh

Kepolisian New York Layangkan Protes ke Waze Karena Info Razia Kerap Bocor

Kabar6-Waze adalah sebuah peranti lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Setelah memasukkan alamat tujuan mereka, pengguna hanya perlu mengemudi dengan aplikasi yang tetap berjalan untuk berkontribusi dengan pasif keadaan jalan dan info lainnya.

Mereka juga dapat mengambil peran yang lebih aktif dengan berbagi laporan jalan seperti kecelakaan, atau kejadian berbahaya lainnya selama perjalanan, sehingga membantu pengguna lain di sekitar.

Namun gara-gara Waze juga, Departemen Kepolisian New York (NYPD) menuntut aplikasi penunjuk arah ini agar menonaktifkan fitur berbagi informasi tentang keberadaan pos pemeriksaan atau razia. Melansir Vivanews, Google baru saja menerima surat keberatan dari NYPD, dan menuntut mereka supaya mematikan fitur tersebut lantaran memungkinkan pengendara untuk memberi tahu komunitas lain mengenai kehadiran polisi di jalan.

Fitur ini sebenarnya bisa digunakan untuk menginformasikan adanya kecelakaan, kemacetan lalu lintas, dan elemen lainnya di jalan raya, yang membuat pengendara mengalihkan perjalanannya.

“Kami semakin khawatir tentang jumlah pengguna yang menggunakan fitur ini untuk menandai titik pemeriksaan DWI (driving while intoxicated atau mengemudi saat mabuk). Akibatnya, pengendara mengambil rute yang berbeda untuk menghindari razia,” demikian keterangan resmi dari NYPD.

Karena itulah, NYPD sedang berjuang untuk menemukan dan menghentikan pengemudi yang mengemudi dalam kondisi berbahaya. Dan, fitur ini dinilai ‘sangat tidak bertanggung jawab’ dalam membantu tugas aparat kepolisian. ** Baca juga: Hebat! Kakek Usia 94 Tahun Berhasil Selesaikan S3

Ditegaskan NYPD, “Individu yang memposting lokasi razia mungkin akan terlibat dalam tindak pidana karena tindakan yang disengaja untuk mencegah dan atau mengganggu administrasi undang-undang DWI dan hukum pidana serta lalu lintas lainnya secara nyata. Ini harus dihentikan.”

Google sendiri tidak mengonfirmasi atau pun menyangkal apakah akan mengambil langkah-langkah untuk memodifikasi fiturnya itu. Namun yang pasti mereka tetap memprioritaskan keselamatan pengemudi dalam mengembangkan fitur Waze. Google mengungkapkan, “Kami ingin mengingatkan pengemudi supaya lebih berhati-hati dan membuat keputusan yang lebih aman ketika mereka sedang berkendara.”

Bagaimana menurut Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru