Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Kepala Membesar 2 Kali Lipat Gara-gara Alergi Cat Rambut
Kepala Estelle membesar dua kali lipat.(Dailynewsbroadcast)

Kepala Membesar 2 Kali Lipat Gara-gara Alergi Cat Rambut

Kabar6-Malang benar nasib Estelle (19). Gadis asal Paris, Prancis, ini nyaris kehilangan nyawa setelah memakai cat rambut. Rupanya, Estelle menderita reaksi alergi parah yang membuatnya sulit bernapas dan wajah yang bengkak sebesar melon.

Kisah berawal saat Estelle membeli cat rambut di supermarket lokal. Ia pun mengikuti instruksi yang tertera dalam kemasan. Melansir teenvogue, sebelum memakai cat rambut, biasanya dilakukan tes pada kulit selama 48 jam sebelum mengaplikasikannya pada rambut. Hal ini untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak. Estelle mengaku hanya mencoba cat itu selama 30 menit saja.

Dikatakan Estelle, dia langsung menyadari iritasi pada kulit kepala sesaat setelah memakai cat rambut. Akibatnya, kepala Estelle mulai membengkak seperti balon. Gadis itu pun segera mengonsumsi Antihistamin atau obat pereda alergi. Tapi yang terjadi kemudian, keesokan pagi kepala Estelle mencapai ukuran 63 cm, yang biasanya hanya berukuran 55,8 cm. “Aku tidak bisa bernapas. Kepalaku sudah seperti lampu bohlam,” katanya.

Rupanya, cat rambut yang digunakan mengandung paraphenylenediamine (PPD), bahan yang biasa terdapat di cat rambut, terutama cat rambut warna gelap. PPD juga sering ditemukan di tato henna, makeup warna gelap, tinta printer, karet hitam, minyak, minyak semir, bensin, dan lain-lain. Bahan ini biasanya tidak berbahaya, tapi jika alergi terhadap PPD, maka akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

“Gejala dari reaksi alergi ini bisa mulai dari rasa gatal biasa sampai ruam atau anafilaksis yang lebih berat dan bisa menjadi fatal,” jelas seorang dermatologis asal New York bernama Debra Jaliman, MD. “Beberapa reaksi yang parah termasuk pembengkakkan pada wajah dan lidah, sesak napas, dan tekanan darah yang menurun.” ** Baca juga: 4 Hewan yang Biasa Dipelihara Kalangan Berduit

Ketika lidah Estelle mulai membengkak, ia langsung datang ke emergency room dan diberi suntikan adrenaline dan dibiarkan terjaga semalaman. Beruntung Estelle telah sembuh total dan membagikan ceritanya untuk memperingatkan orang lain tentang risiko PPD dan bahaya mengecat rambut di rumah.(ilj/bbs)

Check Also

Kasihan, Kaki Seorang Bayi Hangus Gara-gara Pengering Rambut

Kabar6-Malang benar nasib seorang bayi asal Xincai, Provinsi Henan, Tiongkok, ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki ...