oleh

Keok di Pilkada, 3 Calon Wawalkot Tangerang Adu Nasib di Pileg

Kabar6-Setelah gagal di Pilkada 31 Agustus 2013 lalu, tiga calon Wakil Walikota (Wawalkot) Tangerang kini melanjutkan peruntungan nasibnya di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

Pasalnya, mereka saat berstatus sebagai kontestan di Pilkada Kota Tangerang, kiranya juga telah tercantum namanya dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pileg 2014.

Ketiganya adalah Iskandar dari PPP, Hilmi Fuad dari PKS, dan Suratno Abubakar dari PAN. Ketiganya terdaftar sebagai Caleg untuk kursi DPRD Provinsi Banten.  

Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tangerang, Chaerul Ritonga mengatakan, gagal di Pilkada tidak serta-merta karir politik mereka tamat. Tapi, mereka (ara mantan calon Wakil Walikota) masih berpeluang di kursi legislatif.

Status caleg itu semakin diperkuat, pasca keluarnya peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2013 yang menyatakan, calon kepala daerah yang tengah bersaing di Pilkada diberi kesempatan untuk maju sebagai calon anggota dewan.

“Nama Pak Suratno sudah tercantum dalam DCT sebagai urutan satu untuk kursi DPRD Banten Daerah Pemilihan (Dapil) barat. Bila kemarin menang di Pilkada, kemungkinan Pak Suratno bisa mundur dari bursa pencalegan,” ujar Chaerul Ritonga, Rabu (11/9/2013).

Sementara, Rahmat Hakim, salah satu pengurus DPC PPP Kota Tangerang mengatakan, bahwa Iskandar sebagai Ketua DPC mendapakan hak prioritan di majukan sebagai kontestan Pilkada maupun caleg.

Politik Tangerang, Ray Rangkuti mengatakan, majunya para calon Wakil Walikota di bursa Caleg setelah gagal di Pilkada Tangerang dinilai memiliki peluang menang yang cukup besar.

“Popularitasnya cukup tinggi, mereka punya loyalis, jadi mereka ini besar peluangnya. Mereka diuntungkan dengan popularitas yang mereka bangun waktu maju di Pilkada.” katanya.(arsa)

 

Berita Terbaru