oleh

Kenapa Sih Pria Enggan Pakai Kondom?

Kabar6-Selain sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, kondom pun digunakan sebagai upaya mengurangi risiko penularan Infeksi Menular Seksual (IMS).

 

Sayangnya, penggunaan kondom dalam masyarakat masih sangat rendah. Banyak pria yang masih enggan memakai kondom saat bercinta.

 

Sebenarnya, apa sih yang membuat sebagian kaum adam enggan memakai kondom:

 

1. Selama ini ada anggapan bahwa kontrasepsi hanya untuk isteri. Padahal, pria pun berperan dalam mencegah kehamilan dan penularan infeksi penyakit menular seksual.

 

2. Sebagian pria malas menggunakan kondom karena merasa kenikmatan dan sensasi saat bercinta menjadi berkurang. Padahal, desain kondom elastis dan tahan lama sehingga tidak menghilangkan sensitivitas secara keseluruhan.

 

3. Adanya stigma bahwa kondom sebagai alat seks bebas, sehingga suami merasa tidak perlu menggunakan kondom, karena bercinta dengan sang istri yang merupakan pasangan resminya.

 

4. Anggapan bahwa kondom gagal mencegah kehamilan. Padahal, kegagalan tersebut karena pemakaian yang tidak benar, bukan karena mutu kondom itu sendiri.

 

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sekitar 30-60 persen pria mengaku selalu menggunakan kondom, tetapi di antara mereka yang menggunakan kondom belum tentu dengan cara yang benar.

 

Hal tersebut lebih disebabkan pada faktor manusia seperti kondom robek karena terkena kuku saat menyobek bungkusnya, kondom ditaruh dalam dompet atau sudah kedaluwarsa.

 

5. Adanya anggapan bahwa kondom itu mudah lepas, pecah atau sobek. Padahal, untuk memenuhi Standar Mutu Internasional (ISO 4074), tiap helai kondom yang diproduksi harus melalui uji elektronis, karena itu tidak mudah robek.

 

6. Selama ini ada anggapan bahwa kondom mengandung lubang-lubang yang bisa dilalui HIV. Kondom lateks yang banyak beredar di pasaran, cukup kuat dan sudah diuji untuk menahan mikro-organisme termasuk sperma dan HIV.

 

Kondom memang berpori, tapi sangat kecil sekali. Studi laboratorium membuktikan, bahwa kondom yang terbuat dari lateks sangat kedap untuk mencegah masuknya HIV. ** Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Selaput Dara

 

Jadi, jangan ragu menggunakan kondom.(ilj/bbs)

Berita Terbaru