oleh

Kenapa Sih Pipi Memerah Saat Malu?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkah Anda mengamati atau mengalami perubahan pada pipi atau wajah yang seketika menjadi merah merona atau bersemu pink ketika merasa malu? Seperti dilansir dari Readers Digest, wajah yang tiba-tiba berubah menjadi kemerahan ini adalah akibat dari reaksi emosional dari dalam tubuh.

Cemas, takut, atau malu adalah akibat dari respon tubuh melawan ketika hormone adrenalin melonjak drastis.

“Melonjaknya hormon adrenalin akan memicu sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke wajah secara cepat,” kata Dr. Michael Gnatt, dikutip dari u.msn.com.

Diketahui, wajah manusia adalah pusat dari berbagai pembuluh darah kecil berpusat dan dekat dengan lapisan kulit terluar wajah, sehingga tak heran jika meningkatnya sirkulasi darah lebih mudah terlihat.

Selain itu, wajah yang memerah adalah ungkapan minta maaf non-verbal atas perilaku kita. ** Baca juga: Kurangi Topping Pizza yang Merugikan Kesehatan

Cara paling mudah untuk mengendalikan rona merah pada wajah adalah dengan mulai menstabilkan emosi dan perasaan Anda secara perlahan-lahan.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang yang wajahnya mudah merona merah lebih banyak dipercaya oleh banyak orang dan dianggap baik hati serta tulus tanpa perlu banyak usaha.(ilj/bbs)

Berita Terbaru