oleh

Kenali Tambahan Kalori Tersembunyi dalam Kopi yang Harus Diwaspadai

Kabar6-Anda penggemar kopi tentu pernah mencoba aneka jenis minuman ini, mulai dari kopi hitam, kopi susu, kopi latte, kopi dengan krimer, dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda, saat menambahkan gula, susu atau krimer ke dalam kopi, saat itulah terdapat tambahan ekstra kalori yang bisa saja berupa lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Public Health, melansir 1health, menemukan bahwa menambahkan gula atau rasa ke dalam minuman seperti kopi atau teh, bisa menambahkan sebanyak kurang lebih 69 kalori. Meskipun minuman ini ada yang yang sudah mengandung sedikit rasa, sebanyak 68 persen peminum kopi dan 33 persen peminum teh dalam penelitian ini tetap menambahkan gula, susu atau krimer.

Kalori yang didapat dari tambahan gula atau susu ini memang cenderung sangat kecil. Namun, bayangkan bila Anda mengonsumsi kopi atau teh ini hingga 3 kali atau lebih dalam sehari, maka tambahan gula yang Anda dapatkan pun akan lebih banyak lagi.

Padahal menurut American Heart Association, penambahan gula maksimal adalah enam sendok teh untuk wanita dewasa dan sembilan sendok teh untuk pria dewasa. Jadi, menambahkan gula berkali-kali ke teh atau kopi akan menyumbangkan lebih banyak lagi kalori. Tanpa disadari, Anda pun menjadi kelebihan asupan gula.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 13 ribu peminum kopi dan lebih dari 6.200 peminum teh ini juga menemukan, mayoritas tambahan kalori berasal dari gula dan lemak.

Dari ekstra 69 kalori untuk peminum kopi, rata-rata 42 kalori atau 60 persennya berasal dari gula, dan 23 kalori atau 33 persennya dari lemak. Sementara itu, 43 ekstra kalori pada peminum teh, rata-rata 37 kalori atau 85 persennya berasal dari gula dan 3,7 kalori atau 9 persen berasal dari lemak. ** Baca juga: Lakukan 3 Hal Ini Agar Berat Badan Tidak Melonjak Saat Puasa

Karena itulah jangan heran bila Anda sering menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan minum kopi atau teh, akan mengalami kenaikan berat badan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru