oleh

Kenali Penyebab Susah BAB

Kabar6-Setiap orang pasti pernah mengalami susah buang air besar (BAB) atau lebih terkenal dengan sembelit. Kondisi seperti itu tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman.

 

Apa sih yang memicu terjadinya sembelit? Berikut penjelasannya:

 

1. Kondisi psikologis seseorang dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Akibatnya, saraf-saraf pencernaannya dapat terganggu, sehingga gerak peristaltik usus tidak dapat bekerja normal.

 

Mungkin Anda pernah mendengar mitos bahwa indikator orang yang betah atau atau tidak betah tinggal lama di suatu tempat adalah lancar buang air besar pada beberapa hari pertama.

 

Meskipun dianggap mitos, hal itu ternyata berkaitan dengan faktor psikologis. Rasa tidak nyaman berada dalam lingkungan baru, membuat seseorang menjadi stres, yang akhirny dapat memicu sembelit. ** Baca juga: Manfaat Tahu yang Luar Biasa

 

Karena itulah Anda harus menghindari faktor yang dapat memicu stres. Buatlah diri Anda nyaman dan rileks, sehingga saraf-saraf pencernaan tidak terganggu, dan Anda pun lancar BAB.

 

2. Sembelit dipicu juga oleh beberapa jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya makanan kaleng (olahan), daging merah, dan gorengan. Selain itu beberapa jenis minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi pun dapat menjadi pemicu sembelit.

 

3. Aktivitas sehari-hari yang padat, membuat gaya hidup seseorang menjadi kurang sehat, termasuk juga kurang minum air dan mengonsumsi makanan berserat, sehingga dapat memicu sembelit.

 

Cobalah ubah gaya hidup Anda dengan cukup minum air putih dan memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, karena kesehatan mahal harganya. (ilj)

Berita Terbaru