oleh

Kenali Jenis Lemak Agar Tidak Salah Memilih Makanan

Kabar6-Banyak orang menganggap lemak sebagai sumber penyakit. Padahal, tidak semua lemak itu berbahaya untuk tubuh. Beberapa lemak justru dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Mengenal jenis-jenis lemak dan mengetahui perbedaannya dapat membantu Anda menentukan lemak mana yang harus dihindari, dan mana yang dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Melansir klikdokter, ini dia jenis-jenis lemak yang dimaksud:

1. MUFA
MUFA adalah jenis lemak dalam makanan yang sangat baik dikonsumsi, karena sifatnya yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Sifat baiknya ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner atau penyumbatan pembuluh darah. Makanan sumber MUFA bisa didapatkan dari alpukat, kacang, olive oil, dan canola oil.

2. PUFA
Salah satu jenis PUFA adalah omega-3, yang terkenal akan efeknya dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Sumber makanan tinggi omega-3 adalah ikan laut dalam, seperti tuna dan salmon.

3. SAFA, trans fat, dan kolesterol
Ketiga jenis lemak ini bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit. Makanan yang digoreng, otak sapi, dan kuning telur adalah beberapa sumber makanan yang tinggi lemak jahat. Jadi sebisa mungkin, hindari mengonsumsi jenis makanan ini.

Ketika masuk ke tubuh, lemak akan berubah menjadi beberapa bentuk, yaitu LDL (low-density lipoprotein), kolesterol, trigliserida, dan HDL (high-density lipoprotein). ** Baca juga: Jangan Salah, Pria Juga Bisa Alami Gangguan Eating Disorder

Jika Anda pernah melakukan pemeriksaan laboratorium, empat jenis lemak tersebut adalah penanda lemak di darah yang paling sering digunakan untuk menentukan kadar lemak di dalam tubuh. Hal yang perlu diketahui bahwa hanya HDL yang mencerminkan lemak baik di dalam tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru