oleh

Kenali Bahaya Memakai High Heels

Kabar6-Sebagian besar kaum hawa gemar memakai sekaligus mengoleksi high heels. Sepatu tinggi berhak lancip itu memang membuat setiap perempuan percaya diri.

 

Bagaimana tidak, dengan memakai high heels, mereka akan terlihat lebih tinggi, anggun, dan sexy. Namun di balik kecantikan kaki saat memakai high heels, ada risiko yang mengintip kesehatan tubuh kita. Apa sajakah itu?

 

1. Memakai high heels dalam waktu yang relatif lama, akan membuat otot tumit belakang dan betis menjadi tegang, sehingga pembuluh darah tertekan. Kondisi inilah yang menyebabkan varises pada kaki.

 

2. Seluruh beban tubuh akan bertumpu pada kaki yang mengenakan high heels. Akibatnya, akan terjadi penyempitan pada pembuluh darah. Apabila kondisi ini dialami selama bertahun-tahun, dapat menyebabkan mati rasa pada jari kaki. ** Baca juga: Langsing Berkat Rajin Berjemur

 

3. Dapat mengakibatkan osteoarhritis, yang ditandai dengan nyeri dan kaku pada persendian tulang. Biasanya muncul pada persendian lutut dan panggul.

 

4. High heels yang memiliki ujung sempit, dapat berisiko ruas jari jempol kaki menjadi melebar keluar, karena terjadi penyempitan, sehingga menekan ruas jari keluar. Kondisi itu akan mengubah struktur dan bentuk jari jempol kaki.

 

5. Pemakaian high heels akan menyebabkan terjadinya tekanan pada ujung kaki, yang akan menyebabkan ukuran rongga  panggul  menjadi tidak normal dan pantat menjadi besar. Bila hal ini terjadi pada ibu hamil, akan mengakibatkan susah melahirkan.

 

Memakai high heels sebenarnya tidak dilarang, namun Anda pun harus bijaksana dan memberi kesempatan kaki untuk beristirahat, dengan menyelingi kaki mengenakan sandal atau sepatu tanpa hak.(ilj)

Berita Terbaru