oleh

Kenali 5 Jenis Kutu yang Timbulkan Masalah Kesehatan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kutu mengacu pada berbagai artropoda berukuran kecil hingga sangat kecil. Nama ini dipakai untuk sejumlah krustasea air kecil seperti kutu air, serangga seperti kutu kepala dan kutu daun, serta berbagai anggota Acarina seperti tungau dan caplak, yang berkerabat lebih dekat dengan laba-laba daripada serangga.

Diketahui, kutu merupakan serangga parasit yang sangat meresahkan. Kemunculan kutu, baik itu di rambut kepala maupun rambut kemaluan tentu saja sangat meresahkan sekaligus menjijikkan.

Selain itu juga menimbulkan efek merugikan bagi kesehatan. Dikutip dari Detik, berikut adalah lima jenis kutu yang merugikan:

1. Kutu kemaluan
Kutu kemaluan atau pubic louse bisa tinggal di rambut kemaluan, dan dikenal dengan nama ilmiah Phthirus pubis. Memiliki bentuk mirip kepiting sehingga dikenal juga dengan nama human crab louse.

Jenis kutu ini dapat memicu gejala seperti gatal, iritasi dan bintik-bintik kecil di sekitar kemaluan. Bentuk parasit ini mirip kepiting mini yang berkeliaran di rambut kemaluan Anda.

2. Kutu lumpuh
Sesuai namanya, gigitan kutu Lxoses holocyclus bisa membuat seseorang mengalami kelumpuhan. Hal ini karena racunnya yang langsung menyerang saraf. Namun jangan khawatir, kelumpuhan akibat gigitan kutu ini lebih sering terjadi pada hewan daripada manusia. Hal yang unik, gigitan kutu ini juga bisa menyebabkan alergi daging merah.

3. Kutu Hyalomma
Kutu ini memang kurang dikenal di daerah Asia. Namun di Eropa, gigitan kutu ini sangat ditakuti karena dapat menyebabkan penyakit Crimean-Congo hemorrhagic fever (CCHF). Menurut World Health Organization (WHO) tingkat mortalitas untuk CCHF ini mencapai 40 persen dan belum ada vaksinnya.

Kutu dari genus Hyalomma menjadi vektor utama untuk CCHF. Siklus penyebarannya mirip seperti penyakit dari nyamuk di mana hewan pertama-tama menghisap darah dari individu terinfeksi lalu kemudian menyebarkannya ketika menggigit individu lain yang masih sehat.

4. Kutu kasur
Kutu busuk (Cimex lectularius) sering juga disebut kutu kasur merupakan parasit yang menyukai darah manusia dan ia biasanya ditemukan bersarang di sekitar tempat tidur. Gigitannya relatif tak berbahaya namun kadang bisa menyebabkan reaksi alergi yang perlu penanganan medis.

5. Kutu rambut
Kutu rambut atau Pediculus humanus capitis adalah serangga parasit yang senang menghisap darah termasuk salah satunya manusia. Kutu tinggal di rambut kepala dan akan menggigit kulit ketika ingin makan sehingga sering menimbulkan rasa gatal. ** Baca juga: Lebih Bernutrisi Mana, Telur Rebus Atau Telur Goreng?

Meskipun kondisi kesehatan yang ditimbulkan kutu memang tak terlalu serius, Anda tetap harus menjaga kebersihan tubuh sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru