oleh

Kemenhub Intip Efektivitas Transjabodetabek Ciputat – Blok M

Kabar6-Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal melihat suksesi pengoperasian layanan moda transportasi angkutan massal bus AC Transjabodetabek.

Layanan angkutan darat massal itu diklaim cukup efektif untuk menekan persoalan kepadatan arus kendaraan pribadi.

Demikian dikatakan Direktur Jendral Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Suroyo Alimoeso saat meresmikan Bus AC jurusan Ciputat – Blok M di Pool PPD, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin.

“Untuk tahap awal 10 unit (bus AC) disiapkan. Kita lihat perkembangan bus Transjabotabek, bila bisa memecahkan kemacetan nanti akan segera ditambah,” terangnya. Menurutnya, masalah kemacetan semakin menjadi momok lantaran telah menjangkit diberbagai daerah.

Oleh karena itu, terang Suroyo, pengoperasian layanan bus AC ini juga akan diterapkan di sejumlah kota-kota besar lainnya di Indonesia. Sedangkan untuk Transjabodetabek jurusan Ciputat –  Blok M ini sebagai perintis bagi bus sejenis di beberapa daerah.

Armada dengan jenis dan spesifikasi serupa juga bakal diluncurkan di Bandung, Semarang dan Medan. Soeroyo bilang bus yang dirancang berbeda dengan armada umumnya karena telah dilengkapi dengan perangkat teknologi canggih tiap hari beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

Mengenai nasib bagi angkutan kecil lantaran harus kembali bersaing dengan perusahaan pelat merah. Soeroyo berjanji akan segera mengkomunikasikan ke organisasi angkutan darat (Organda). **Baca juga: DKPP Tangsel Gandeng Massa Penggemar Iwan Fals.

“Supaya tidak ada salah persepsi. Yang pasti adanya Transjabodetabek ini untuk mengalihkan penumpang dari kendaraan pribadi ke angkutan massal,” klaimnya.(yud)

 

Berita Terbaru