oleh

Kemenag Kabupaten Tangerang Ajak Madrasah Jadi Pelopor Lingkungan

Gerakan tanam pohon oleh Kemenag Kab. Tangerang.(ist)

Kabar6-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang mengajak seluruh Madrasah di wilayahnya, untuk menjadi pelopor dalam menjaga dan melestarikan alam.

Demikian disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU), Asep Maman Kurnia, saat menyambut rombongan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tangerang yang mengadakan Gerakan Menanam 100 Pohon di Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, dalam rangka peringatan Hari Bumi, Jum’at (22/4/2016), kemarin.

Asep, mengajak seluruh warga Madrasah di Kota Seribu Industri ini agar menyiapkan diri menjadi green madrasah atau Green Islamic School. Ini sesuai dengan program yang telah dirancang Kemenag dalam rangka mempersiapkan road map green madrasah.

“Saya dahulu pernah merancang agar madrasah itu selalu menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan” ujarnya.

Senada, diungkapkan Kepala Seksi  Pendidikan Madrasah (Kasi Penma) Kemenag Kabupaten Tangerang, Ahmad Rifaudin, Madrasah harus  menjadi pelopor dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Sehingga, Madrasah bisa menjadi teladan bagi semua lembaga pendidikan.

“Kita akan menjadi pelopor sebagai lembaga pendidikan yang peduli lingkungan,” tegasnya.

Rifa menambahkan, pihaknya mencontohkan MAN 1 Tangerang yang bisa menggerakan kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan gerakan menanam 100 pohon. Ini, tampak jelas bahwa madrasah peduli terhadap alam dan bumi.

Gerakan menanam 100 pohon yang dilakukan MAN 1 Tangerang, merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari bumi. Gerakan ini di motori Mantapala, sebuah organisasi ekstra kurikuler khusus pencinta alam di MAN 1 Tangerang.

Kegiatan tersebut, di ikuti lebih dari 600 siswa dengan Tema yang diangkat “Dari MAN 1 Tangerang, Untuk Bumi yang lestari”.

Sementara itu, Yana Karyana, Pembina dan Panitia Gerakan Menanam 100 Pohon ini mengatakan bahwa gerakan yang dilakukan MAN 1 Tangerang sebagai Sekolah adiwiyata dan sekolah sehat, peduli dan peka dalam melestarikan bumi. **Baca juga: PeaceSoft Siapkan Plaftorm E-commerce Tandingi Alibaba.

Dalam acara itu, seluruh siswa MAN 1 Tangerang, membacakan deklarasi  mengecam pembangunan yang dilakukan para pengusaha tak mempedulikan lingkungan hidup. **Baca juga: Besok, Megawati Peringati Hari Bumi di Banten.

“Kita sangat mengecam tindakan para pengusaha dan para pengembang pembangunan tanpa peduli terhadap lingkungan hanya demi pundi-pundi kapital,” tegas Alifatul Aulia Prambudi, siswa MAN1 Tangerang, pembaca deklarasi.(YK/K6)

Berita Terbaru