oleh

Kembangkan Bisnis, Dosen UMT Dorong Pelaku UMKM Gunakan Media

Kabar6 – Puluhan generasi Z atau yang lebih dikenal dengan generasi milenial merupakan masyarakat digital. Mereka terbiasa hidup dengan internet, game, dan gadget. Hal tersebut membuat sejumlah Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Muhamaddiyah Tangerang (UMT) menggelar seminar dalam implementasi pengabdian ke masyarakat di Desa Sukadamai, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Seminar tersebut membahas tentang Bisnis dan Kewirausahaan dengan mengusung tema ‘Pemanfaatan media sosial untuk pengembangan UMKM’.

Wakil Dekan 1 FEB UMT, Dr Mikrad mengatakan, pihaknya dalam implementasi pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan serta praktik bisnis dan kewirausahaan dengan menggunakan media digital yang semakin berkembang.

“Kita berikan juga praktik laporan keuangan digital, marketing digital semua bisa dimanfaatkan cukup melalui android,” ujarnya sesuai seminar, Sabtu (22/2/2020).

Selain itu, ia menyatakan pemanfaatan media dalam praktek berbisnis sangatlah penting. Sebab pemanfaatan media cukup besar untuk mempengaruhi pasar, saat ini pelaku usaha harus masuk ranah tersebut.

“Kedepannya bisnis itu lebih banyak dibantu sama media teknologi dan informasi. Oleh sebab itu segala bentuk media harus kita manfaatkan. Baik media marketing sampai pencatatan-catatan harus menggunakan teknologi. Kalau tidak kita akan ketinggalan,” katanya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Sukadamai, Abdul Rauf mengatakan, seminar tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta dari kalangan milenial baik yang sudah punya usaha maupun yang punya rencana buka usaha setelah ikut pelatihan itu. Diharapkan pelatihan tersebut bermanfaat buat masyarakat dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mereka masih banyak menggunakan cara-cara konvensional, dengan adanya seminar media digital seperti Facebook ads maupun Instagram dan lainnya, diharapkan dapat meningkatkan kemajuan bisnis mereka. Sehingga bisa meningkatkan hasil keuntungan,” ujarnya.

**Baca juga: Kirana Agustina Ajak Masyarakat Indonesia Kurangi Penggunaan Plastik.

Kendati demikian, salah satu peserta seminar Winda mengatakan, saat ini dirinya masih dalam tahap merintis usaha online shop. Setelah mendapatkan seminar tersebut, kata dia, untuk lebih gencar lagi menerapkan ilmu yang didapatkan.

“Seru sih, dapat ilmu baru, inspirasi biar lebih menerapkan ilmu yang didapatkan dari seminar ini. Soalnya saat ini saya masih belajar jualan online shop. Seminar ini sangat bermanfaat sekali bagi kami,” tandasnya. (Vee)

Berita Terbaru