oleh

Kembalikan Energi Setelah Berpuasa dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

Kabar6-Tubuh akan kehilangan energi setelah Anda menjalankan ibadah puasa selama sekira 13 jam. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lemas dan letih.

Karena itu ada baiknya ketika berbuka puasa, Anda memilih mengonsumsi makanan sehat yang mampu memulihkan kembali energi yang sudah hilang. Melansir beberapa sumber, ini jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi?

1. Kurma
Kurma mengandung gula alami yang akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Kandungan mineral, vitamin, serat dan anti-oksidan baik untuk kesehatan tulang, fungsi otak, mencegah radikal bebas dan juga pencernaan. Buah ini juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat mengendalikan gula darah.

2. Pisang
Pisang memiliki kandungan serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, yang bisa mengembalikan energi yang hilang ketika menjalankan ibadah puasa. Selain itu, pisang juga mampu membuat kenyang lebih lama dan tentunya sehat untuk pencernaan, karena teksturnya yang lembut.

3. Madu
Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain itu, beberapa jenis vitamin, mineral, dan enzim yang ada di dalam madu ini juga mampu menjadi penguat sistem imun tubuh manusia.

4. Ubi jalar
Kandungan tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C dalam ubi jalar mampu memulihkan tenaga setelah berpuasa. Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan serat pada ubi jalar membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah yang berlebih. Selain itu, kandungan antioksidan dalam ubi jalar juga mampu menjaga kesehatan otak.

5. Apel
Selain bagus untuk diet karena rendah kalori, apel juga mampu menghasilakan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Serta vitamin B, kalium, zat besi dapat memengaruhi fungsi jantung sehingga dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

6. Kacang almond
Kacang-kacangan memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan protein serta lemak yang cukup tinggi, sehingga mampu memberikan energi untuk tubuh. Selain itu kacang almond juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mecegah penuaan dan penyakit kanker.

7. Daging
Kandungan energi dalam daging cukup tinggi, sehingga mampu mengontrol sumber stamina dan energi tubuh manusia selama menjalankan puasa.

Selain itu, daging juga memiliki kandungan glutathione, yang dipercaya sebagai anti-oksidan, mencegah penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, hingga meningkatkan umur panjang. ** Baca juga: Mual Saat Puasa, 5 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru