oleh

Kembali Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Kabar6-Setelah sekira seminggu lebih mendapat libur dari tempat kerja, Anda pun harus kembali pada rutinitas sehari-hari, dan masuk kantor seperti biasa. Sayangnya, ‘hawa liburan’ masih terasa sehingga membuat Anda malas-malasan berangkat bekerja.

Bagaimana agar Anda kembali bersemangat setelah libur panjang? Melansir Pesona, ada sejumlah trik yang bisa dicoba:

1. Siapkan semuanya
Saat H-1 atau di pagi hari, siapkan semua yang akan dipakai dan dibawa saat kerja. Padu padankan busana, tas dan isinya, juga dokumen yang harus dibawa. Dengan menyiapkan sebelumnya, Anda tak terburu-buru lagi berangkat kerja.

2. Cukup tidur
Agar semangat kerja, Anda harus cukup tidur, apalagi di hari pertama usai liburan panjang. Cukup tidur akan membuat Anda bangun dengan perasaan senang, sehingga lebih bersemangat kerja.

3. Atur waktu
Siapkan waktu dengan baik, agar Anda tidak sampai kantor sambil marah-marah. Anda tahu jalanan pasti macet, karena itu berangkatlah lebih cepat. Atau, biarkan jalanan macet menjadi waktu Anda untuk membaca buku baru atau menonton drama favorit lebih lama di perjalanan.

4. Makan pagi bernutrisi
Semangat Anda harus diisi makan pagi yang penuh nutrisi, tapi tidak menyebabkan kantuk. Protein adalah pilihan terbaik, sementara karbohidrat konsumsi secukupnya. Jangan hanya mengisi perut dengan secangkir kopi dan sebuah apel.

5. Bersihkan meja kerja
Bersihkan meja kerja atau ruang kerja yang mungkin sedikit berdebu karena Anda tinggalkan beberapa waktu. Membereskan ruang kerja membuat Anda lebih siap melakukan berbagai aktivitas, sekaligus terhindar dari bersin-bersin karena debu.

6. Cek semua pesan
Cek semua pesan yang berhubungan dengan urusan kerja, baik di e-mail maupun di WhatsApp. Cek satu per satu, jangan ada yang tertinggal. Mungkin bisa memakan waktu beberapa jam, tapi usahakan sebelum pukul 14.00, tak ada lagi pesan yang belum Anda baca, dan balas jika perlu.

7. Siapkan aroma khusus
Semangat kerja bisa Anda tingkatkan dengan bantuan aromaterapi melalui minyak esensial. Cukup teteskan beberapa di sudut meja kerja, atau gunakan diffuser di ruang kerja. Aroma lemon, peppermint, rosemary, dan lemongrass bisa menyuntikkan energi yang menambah semangat.

8. Pulang tepat waktu
Ini adalah kuncinya, jangan lembur di tiga hari pertama setelah Anda masuk kerja dari liburan panjang. Alasannya, lembur menguras fisik dan otak, serta membuat liburan Anda sia-sia. Kalaupun harus lembur banget, usahakan sebelum pukul 20.000 Anda sudah dalam perjalanan pulang.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru