oleh

Kemarau Bakal Landa Tangerang Hingga September

Kabar6-Musim kemarau diiringi cuaca tak menentu yang melanda Tangerang beberapa bulan terakhir, kiranya akan terus berlangsung hingga Bulan September mendatang.

bila pada siang hingga sore hari cuaca terasa panas menyengat, namun pada malam hari terasa dingin. Namun demikian, kondisi cuaca itu dianggap masih dalam batas normal.

Demikian dikatakan Kepala Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah II Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Subardjo, Rabu (8/8/2012).

Menurut Subardjo, musim kemarau dengan cuaca tak menentu itu disebabkan oleh posisi suhu air laut sedang dingin dan kurang terjadinya proses penguapan.

“Suhu untuk musim kemarau saat ini minimum 24 derajat celcius hingga maksimum 32 derajat celcius. Kami prediksi, cuaca ini baru akan berakhir pada September mendatang,” kata Subardjo.

Sedianya, kata Subardjo, musim kemarau parah seperti sekarang ini terjadi diwilayah pulau jawa. Hingga, berimbas ke Tangerang, mengingat wilayah Tangerang dan sekitarnya sudah termasuk dalam bagian wilayah Jakarta.

“Hingga Agustus ini, sejumlah lahan pertanian di wilayah Pulau Jawa mulai dilanda kekeringan. Sedangkan dampaknya ke wilayah Tangerang bisa dilihat dari mulai menyusutnya debit air Sungai Cisadane,” ujarnya.(rah)

Berita Terbaru